IKLAN

Sejumlah Ruang Kelas SMPN 1 Mandalle Rusak Parah dan Membahayakan Siswa Saat Belajar





KORANPANGKEP.CO.ID - Ditengah gencarnya pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel melalui Dinas Pendidikan melakukan pembangunan dan perbaikan sekolah sebagai komitmen pemerintah dalam memenuhi pelayanan standar pendidikan tak terkecuali sekolah yang berada di pelosok desa. ada gedung sekolah belum tersentuh dan nyaris terlupakan, padahal kondisi bangunan ruang kelas sangat memprihatinkan fan dapat membahayakan keselamatan siswa yang belajar didalamnya.

Sekolah itu adalah SMP Negeri 1 Mandalle kecamatan Mandalle Kabupaten Pangkep, yang memiliki 9 ruangan kelas 6 diantaranya telah mengalami kerusakan yang cukup parah baik pada atap, plafon, jendela, lantai bahkan pada dinding ruangan sekolahnya

Dari pantauan awak media kondisi 6 ruang kelas di SMP Negeri 1 Mandalle pada bagian plafonnya sudah pada bolong-bolong dan beberapa bagian nyaris rubuh dan dapat membahayakan keselamatan siswa saat berada didalamnya.

Begitupun dengan atap sekolah sudah banyak yang bocor sehingga kondisi ini diperparah saat hujan turun dan menetes dilantai kelas, selain itu pada bagian jendela juga telah lapuk dan dimakan rayap hingga 50 persen sehingga hanya tinggal kaca jendela yang masih bertahan pada sisa sisa kayu kusen yang tidak dimakan rayap membuat siswa tidak nyaman belajar. 

kepala UPT SMP Negeri 1 Mandalle, H. Rusli, S.Pd. saat ditemui awak media menceritakan suatu ketika, guru BK SMP Negeri 1 Mandalle, Dra. St. Hatijah hendak masuk ke ruang BK mengambil seberkas surat-surat, tiba-tiba kuseng tembok dan jendela ruangannya dengan sendirinya terbongkar yang membuat dirinya panik dan langsung melapor kepadanya

"saat ini ruangan BK St. Hatijah terpaksa dipindahkan keruangan lain yang masih bagus untuk ditempati sementara karena ruangan BK nya sudah tidak layak dan sudah membahayakan kondisinya" ungkapnya.

Rusli juga menceritakan saat sejumlah ruang kelas dalam satu blok tiba tiba atap plafonnya berjatuhan saat siswa belajar yang menyebabkan siswa-siswi berhamburan keluar dari ruang kelas.

"Satu jejer ruangan kelas ini tiba tiba plafonnya berjatuhan saat jam pelajaran berlangsung, siswa langsung berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri, Untung tidak ada siswa yang menjadi korban saat itu", ungkapnya 

Meski kondisi bangunan itu memperihatinkan namun karena tidak adanya ruangan kelas lain yang layak dipakai dalam proses belajar mengajar maka pihak sekolah terpaksa tetap menggunakan kelas itu untuk kegiatan belajar.

"Sudah banyak protes dari sejumlah siswa yang mengkhawatirkan anaknya tertimpah plafon saat belajar kepada kami, namun mau apa lagi tak ada bangunan lain yang bisa ditempati selain tempat tersebut.

Dengan kondisi demikian, baik orangtua siswa maupun pihak sekolah SMP 1 Mandalle berharap agar pemerintah kabupaten Pangkep melalui instansi Dinas Pendidikan kabupaten Pangkep mau menjawab dan merealisasikan keluhan mereka guna kelancaran proses belajar dan mengajar di sekolah tersebut.

Dia pun mengungkapkan, imbas dari kondisi sekolah tersebut, sejumlah orangtua lebih memilih menyekolahkan anak-anak mereka di tempat lain walau dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

(ADM-KP)



BAGIKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Sejumlah Ruang Kelas SMPN 1 Mandalle Rusak Parah dan Membahayakan Siswa Saat Belajar"

Posting Komentar