Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemilu 2019 Usai, RSUD Batara Siang Pangkep Tak Siapkan Ruangan Khusus Caleg Stres

KORANPANGKEP.CO.ID - Pemilu 2019 untuk memilih Presiden, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan legislatif dari pusat hingga kabupaten baru saja usai dan masih dalam tahap perhitungan rekapitulasi suara.

Tentu  saja beberapa caleg akan berhasil melaju ke kursi DPR/DPRD provinsi/kabupaten/kota. Tapi sebagian besar lainnya juga harus mampu menerima kekalahan. Jika tidak siap, maka para caleg tersebut akan mengalami depresi dan frustasi mengancam psikologis para caleg yang kalah bertarung.

Apalagi jika uang yang dikeluarkan sudah menghabiskan seluruh harta benda. Melihat fenomena ini, beberapa rumah sakit jiwa di berbagai kota di Indonesia mulai mempersiapkan kamar-kamar khusus bagi para caleg yang tak dapat menerima kekalahan hingga mengalami stres dan gangguan jiwa.

Salah satu Ruah Sakit di Sulsel yang menyiapkan ruangan caleg Stres adalah Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar. Kabarnya Rumah Sakit tersebut telah menyiapkan ruang khusus pasien calon anggota legislatif (caleg), yang gagal dalam pencalonan pemilihan legislatif pada bulan 17 April 2019 yang lalu

Memang terdengar sedikit unik dan menarik, karena faktanya rumah sakit tersebut memang peduli akan para caleg yang gagal. Mereka menyediakan ruang khusus terapi caleg gagal yang stres untuk kelas VIP. Fasilitasnya seperti ruang kamar seluas 3x5 meter, dilengkapi dengan televisi 14 inci, kulkas dan dua tempat tidur serta kamar mandi.

Sementara itu RSUD Batara Siang kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, hingga saat ini tidak menyediakan ruangan khusus untuk caleg stres dan frustasi. Hal itu diutarakan Dirut RSUD Batara Siang, dr Annas Ahmad menurutnya hal tersebut belum terlalu perlu alasannya karena Annas yakin para caleg di kabupaten Pangkep tentu sudah memiliki kesiapan lahir dan batin untuk menghadapi situasi politik seperti ini.

"Kalau untuk hal ini kami tidak punya persiapan khusus karena kami yakin caleg-caleg yang ada di Pangkep adalah orang-orang yang berkualitas jiwa dan raganya, mereka tentu punya persiapan mental, fisik baik saat terpilih maupun pada saat tidak terpilih atau gagal," ungkapnya.

Meski begitu, kata dr Annas pihak RSUD Batara Siang siap menerima jika suatu saat nanti ternyata ada caleg yang stres dan memerlukan perawatan medis, utamanya masalah kejiwaan.

"tetapi kalau ada yang mengalami seperti itu kami tetap siap menerima karena kami memiliki 2 orang dokter ahli jiwa untuk menanganinya." jelasnya.

Untuk itu pihaknya berharap agar di kabupaten pangkep tidak ada kejadian caleg stres dan frustasi. dan tentunya proses pemilu 2019 dikabupaten Pangkep berjalan dengan aman dan kondusif hingga penetapan nantinya.

"Kami harapnya tidak ada kejadian begitu, aman-aman saja dan semoga pemilu 2019 ini berjalan sesuai aturan dan tunggulah hasil resmi dari KPU pusat," katanya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Pemilu 2019 Usai, RSUD Batara Siang Pangkep Tak Siapkan Ruangan Khusus Caleg Stres"