Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KPU Pangkep Akan Gelar Pemilihan Suara Ulang Tanggal 27 April 2019 Mendatang

KORANPANGKEP.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangkep akhirnya merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkep untuk menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 di delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel.

Hal ini dilakukan karena adanya beberapa temuan Panwascam disejumlah TPS yang tersebar di kabupaten Pangkep karena dinilai cacat hukum saat pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu 17 April 2019 yang lalu.

Salah satu contoh seperti yang terjadi di TPS 17 yang ada di Kelurahan Biraeng kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkep, dimana Panwascam Minasatene mengeluarkan rekomendasi PSU sebab adanya pemilih yang ber KTP elektronik dari luar Kelurahan Biraeng dan ikut memilih di tingkat kabupaten yang seharusnya pemilih dari luar tidak berhak ikut memcoblos kertas warna hijau ditingkat kabupaten.

"KPPS di TPS, mengakomodir pemilih itu, karena sebenarnya pemilih berasal dari Biraeng tetapi kawin dengan orang pulau dan mengurus KTP di pulau, KPPS melihat pemilih itu dari Biraeng. Pada hari itu, dan KPPS tidak meneliti seksama dan tidak melihat itu. Jadi usai penghitungan dimulai dia kemudian melihat daftar hadir, KPPS baru memperhatikan daftar hadir kalau pemilih itu ber KTP luar," " Ungkap komisioner KPU Pangkep Aminah Tenga.

Aminah mengaku telah menerima rekomendasi dari Panwascam Minasatene untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang, rekomendasi tersebut diterima Usai selesai perhitungan, Bawaslu lalu mengeluarkan rekomendasi pemutusan suara ulang disana.

"Jadi sesuai aturan Kita akan kaji sesuai aturan PKPU rekomenndasi Bawaslu wajib kami tindaklanjuti," jelas Aminah.

Hal ini dibenarkan oleh Syamsir Ketua Bawaslu Kabupaten Pangkep, Syamsir mengungkapkan pihaknya telah merekomendasikan 9 TPS dikabupaten Pangkep harus dilakukan pemungutan Suara Ulang, Masing-masing di TPS 17 Biraeng dan TPS 4 Minasatene, TPS 4 di Kelurahan Pundata Baji, TPS 5 di Pulau Tampaan. Dan empat TPS lainnya, yakni TPS 2 Atangsalo dan TPS 6, 11, 14 Talaka.

"Kami sudah kirim rekomendasi untuk PSU ke KPU. Itu semua hasil temuan teman-teman panwascam di lapangan," ucap Ketua Bawaslu Pangkep, Samsir, Senin (22/04/2019).

Sementara itu Ketua KPU Pangkep Burhan mengungkapkan bahwa Pelaksanaan PSU direncanakan akan berlangsung pada 27 April 2019 pekan ini.

"Kami sedang menyiapkan surat suara untuk, kalay surat suara DPRD Kabupaten ada tapi surat suara yang yang lain kami akan minta ke KPU Provinsi Sulsel,"  Pungkas Ketua KPU Pangkep, Burhan.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "KPU Pangkep Akan Gelar Pemilihan Suara Ulang Tanggal 27 April 2019 Mendatang"