IKLAN

Dinkes Provinsi Sulsel Pilih Liukang Tangaya Tempat Membangun Rumah Sakit Tipe D

KORANPANGKEP.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya memilih Kecamatan Liukang Tangaya kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel. masuk dalam rencana pembangunan rumah sakit (RS) tipe D untuk warga Pulau terluar di kabupaten Pangkep tersebut,

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana tugas Kepala Dinkes Sulse, Bachtiar Baso, menyebutkan  bahwa pihaknya telah melakukan serangkaian kajian untuk menghadirkan pelayanan kesehatan untuk warga kepulauan, khususnya yang tinggal di pulau-pulau terluar. Setelah melakukan kajian, akan dipilih Pulau Liukang Tangaya untuk menjadi lokasi pembangunan dimana target awal pengerjaan pada tahun 2020 mendatang.

"Pembangunan RS di Liukang Tangaya dirasa sangat penting lantaran jarak pulau tersebut mencapai hampir 300 km dari kota Pangkajenne. Padahal jumlah kepala rumah tangga yang mendiami pulau besar itu mencapai 4 ribu KK dengan belasan ribu jiwa. Insya Allah awal 2020 mendatang pengerjaannya dimulai." ungkapnya

Menurut Bachtiar, berdasarkan hasil penelitian diketahui banyak pasien yang meninggal di perjalanan menuju rumah sakit di kota lantaran jarak yang jauh dan lama. Bahkan tak jarang pasien dirujuk ke Lombok provinsi NTB ketimbang di provinsi induknya Sulsel.


Bachtiar menambahkan, nantinya Rumah Sakit tipe D di kepulauan terluar itu akan menjadi tempat berobat yang memadahi untuk warga pulau termasuk yang tinggal disekitar Liukang Tangaya dan menyiapkan tenaga tenaga medis yang memadai minimal menyiapkan ahli penyakit dalam dan kebidanan.

"kita berharap kalau sudah jadi, RS itu nanti akan menjadi tempat berobat yang memadahi untuk warga pulau termasuk yang tinggal disekitar Liukang Tangaya, setidaknya harus ada ahli penyakit dalam dan kebidanan Karena kalau Rumah Sakit tipe di tidak perlu ada semua, yang penting itu ahli penyakit dalam dan persalinan," terangnya. 


Untuk merealisasikan janji itu, saat ini Pemprov Sulsel mengupayakan pengajuan proposal pendanaan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Kami sudah memberi tahu pak gubernur dan beliau menyambut baik rencana itu. Dan dalam waktu dekat kami bersama wakil gubernur akan menghadap ke Bappenas untuk kelancaran pembangunan," kata Bachtiar.


Sementara Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Prof Hasanuddin Tahir mengatakan, pihaknya telah banyak menemukan laporan pasien meninggal di tengah laut saat perjalan ke Pangkep. Sehingga katanya, dibutuhkan RS yang minimal dapat menyiapkan fasilitas medis setidaknya untuk pengobatan pendarahan, penyakit dalam, diare, dan lainnya.

"Ada puskesmas tapi tidak ada rumah sakit, sehingga beda pelayanannya. Pak gubernur sudah menegaskan pemerintah harus hadir di setiap persoalan masyarakat. Dan pak wagub antusias akan mencarikan dana," pungkasnya. Rabu (3/4/2019)

(ADM-KP)





AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Dinkes Provinsi Sulsel Pilih Liukang Tangaya Tempat Membangun Rumah Sakit Tipe D"

Posting Komentar