IKLAN

Miris, Warga Kepulauan Terluar Pangkep Mengais Air Minum Payau Dari Lubang Pasir

KORANPANGKEP.CO.ID - Diwilayah kepulauan terluar kabupaten Pangkep seperti di kecamatan Liukang tanngaya, mencari air bersih adalah pekerjaan yang tidak mudah dan sangat sulit pasalnya untuk memperoleh air minum saja selain hanya mengandalkan air hujan yang turun para warga harus mengais air dengan menggali disela-sela lubang pasir pantai pulau untuk mendapatkan air Minum untuk memasak dan air minum sehari hari mereka itupn rasanya masih payau

Dibibir Pantai Terdapat ribuan titik galian pasir yang digali warga setempat. Mereka menggali sekitar 1-2 meter dengan diameter sekitar 50 cm menggunakan peralatan seadanya. Hanya untuk mendapatkan se ember air, walaupun hasilnya tetap payau (asin), warga hanya bisa bersabar dan terus mengkonsumsi air dari galian tersebut setiap harinya.


Ramli warga Pulau Sapuka, Kecamatan Liukang Tangaya menceritakan biasanya tiap hari warga menggali, sehingga sudah ada ribuan bekas galian di pulau tersebut. Mulai dari anak-anak hingga para ibu-ibu ikut menggali di tanah berpasir pulau tersebut. Parahnya lagi jika pulau yang ditinggali pulai kecil, maka warga terbatas untuk melakukan penggalian. Paling parah katanya, bagi warga yang tinggal di pulau-pulau kecil. Tidak seluas Pulau Sapuka.

"Sudah banyak sekali galian, karena hampir tiap hari. Kalau sudah digali, ditutup lagi kemudian pindah lagi mencari titik yang banyak stok airnya, Kondisi sulitnya air juga dirasakan pulau-pulau lain di Tangaya. Bahkan lebih parah, karena pulaunya tergolong kecil. Sehingga lahan penggalian jadi sempit, stok airpun yang diperoleh terbatas," ucapnya.

Warga berharap pemerintah dan dinas terkait bisa bergerak cepat untuk menyediakan air bersih  untuk mereka. Warga khawatir jika kondisi ini berlangsung terus menerus maka akan menganggu kesehatan masyarakat sekitar akibat mengonsumsi air payau dan tidak layak konsumsi.

Warga juga mengaku belum pernah mendapatkan bantuan air bersih dari pihak mana pun sejak mereka tinggal ditempat tersebut. serta memberikan solusi cara pengolahan air asin menjadi air layak minum ditempat mereka tinggal.

(ADM-KP)


 

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Miris, Warga Kepulauan Terluar Pangkep Mengais Air Minum Payau Dari Lubang Pasir"

Posting Komentar