Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lantai 2 Pasar Sentral Pangkep Kumuh, Bau Pesing dan Banyak Sampah Berserakan

KORANPANGKEP.CO.ID - Lantai 2 Pasar sentral Pangkep, yang terletak di kelurahan Mappasaile Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, nampak kumuh, penuh sampah dan bau pesing yang sangat tajam saat melewati kawasan di beberapa lods yang ada di area tersebut, padahal ditempat tersebut juga banyak terdapat penjual makanan dan tempat menjahit. Kamis (28/3/2019)

Dari pantauan awak media saat menaiki lantai 2 pasar sentral Pangkep nampak tumpukan sampah yang tak terurus serta beberapa botol air minum mineral yang penuh dengan Air kencing yang sengaja ditampung dalam botol dan di buang begitu saja dilantai dua pasar sentral Pangkep.

Bukan hanya sampah plastik pecahan kaca bekas botol minuman juga banyak terdapat diarea tersebut dan beberapa tumpukan kayu balok bekas bangunan lods pasar serta beberapa bagian langit langit plapon pasar sudah banyak yang jebol dan jatuh kelantai.

Sejumlah motor para pedagang sentral yang berjualan di lantai 1 juga nampak memarkir kendaraanya dilantai 2 tersebut. dan sejumlah lods pasar terlihat kosong dan tidak ditempati pedagang untuk berjualan.

Beberapa pengunjung pasar yang lalulalang nampak menutup hidung karena bau pesing yang begitu menyengat, seperti salah seorang pembeli Marniati yang baru saja datang dari lods tukan jahit untumk mengambil jahitannya mengaku tidak tahan dengan bau pesin saat melewati area tersebut.

"Astaga bau sekali kencing saat lewat dekat penjahit pakaian, tidak tahan dengan baunya rasanya kepengen muntah,  apalagi disekitarnya banyak sampah plastik, kertas dan botol minuman yang membuatnya semakin kumuh," ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan Pangkep, Ansar Paduai mengungkapkan sampah dan bau pesing tersebut kebanyakan dilakukan oleh para pengunjung pasar yang kebelet ingin buang air kecil naik kelantai dua dan kencing disitu karena kondisi dilantai 2 memang agak sepi dan masih banyak lods pasar yang kosong 

"padahal sudah disiapkan WC umum di beberpa tempat lantai satu pasar sentral pangkep, namun beberapa pengunjung banyak ke lantai dua mencari lods kosong dan kencing dan buang sampah disitu." terangnya

Ansar pun mengakui jika hingga saat ini dirinya belum bisa melakukan pendekatan kebeberapa pedagang pasar yang menempati lahan parkir lantai 1 untuk direlokasi ke lantai 2 berjualan agar tempat tersebut ramai dan tidak dijadikan lagi oleh pengunjung pasar sebagai tempat kencing

"Para pedagang susah diberitahu, mereka lebih senang berjualan dilahan parkir pasar dibanding dilantai 2 dengan alasan tidak ada pembeli disana. Kita upayakan tahun ini akan ditempati. Insya Allah," katanya.

Ansar pun menghimbau kepada para pedagang pasar sentral Pangkep dan para pembeli agar memperhatikan kebersihan lingkungan pasar agar tercipta rasa nyaman saat mengunjungi pasar sentral Pangkep.

"Kita masih terus upayakan ini, termasuk pembinaan terus untuk kebersihan lods pasar, demi terciptanya rasa nyaman berbelanja saat berkunjung ke pasar sentral Pangkep  " Pungkasnya.

(ADM-KP)


 

Posting Komentar untuk "Lantai 2 Pasar Sentral Pangkep Kumuh, Bau Pesing dan Banyak Sampah Berserakan"