IKLAN

Ketua DPRD Pangkep Kritisi Bawaslu Atas Penetapan Tersangka Anak Bupati Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Ketua Harian DPD II Partai Golkar, Andi Ilham Zainuddin mengkritisi dan menyayangkan Bawaslu Pangkep atas kasus yang menimpa salah seorang Caleg DPRD provinsi Sulawesi Selatan partai Golkar, Sofyan Syam yang ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga melibatkan aparatur sipil negara (ASN) dalam kampanye pemilu 2019.

Menurutnya, seharusnya kasus ini tak terjadi jika jajaran Bawaslu memposisikan diri sebagai pengawas yang baik. Ia mengatakan saat itu, Sofyan sedang reses disalah satu warkop yang gambarnya terpajang. Reses tersebut juga dihadiri sejumlah ASN.

Menurut Ilham, seharusnya saat itu, Panwas langsung menegur agar kegiatan tersebut bersih dari atribut kampanye, bukan membiarkan. Dalam kesaksian sejumlah ASN juga tidak ada yang mengatakan Sofyan menyampaikan materi kampanye dalam resesnya.

"Kesannya ada pembiaran, sengaja dibiarkan melanggar supaya bisa diproses. Karena ditempat lain dia (Sofyan_red) pernah disuruh turun dari panggung karena tidak sedang cuti dan dia turun. Kenapa saat itu dibiarkan," sesal Ilham yang juga merupakan Paman Sofyan

Sofyan disangkakan melanggar Pasal 493 jo pasal 280 ayat 2 huruf f jo pasal 1angka 35 UU RI nomor 07 tahun 2017 tentang pemilu dengan nomor register perkara PDM-01/EUH.1/PEMILU/02/2019.

Berdasatkan pasal tersebut tersangka terancam hukuman pidana selama 1 tahun kurungan penjara dan denda Rp12 juta.

Sofyan yang saat ini duduk sebagai anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan ditetapkan sebagai tersangka setelah berkas perkaranya dinyatakan P21 atau sudah lengkap oleh Kejaksaan Negeri Pangkep. 


Selanjutnya jaksa memiliki tanggung jawab untuk segera melimpahkan perkara itu ke pengadilan untuk disidangkan, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, tahap dua dari penyidik diterima sejak Kamis 28 Februari lalu.

(ADM_KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Ketua DPRD Pangkep Kritisi Bawaslu Atas Penetapan Tersangka Anak Bupati Pangkep"

Posting Komentar