Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Duh, Dikerjakan Mulai Tahun 2017, Jembatan Gantung Talaka Baru Bisa Dipakai 2021

KORANPANGKEP.CO.ID - Jembatan Gantung Talaka Pabundukang di Kampung Talaka, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Minasatene, yang menghubungkan dengan kelurahan Pabundukang, kecamatan Pangkajene Kabupaten (Pangkajene dan Kepulauan) Pangkep, Sulsel belum memperlihatkan tanda-tanda bakal bisa digunakan warga meski sudah masuk dalam penganggaran tahun ke tiga dan telah dianggarkan hingga tahun ini sebanyak Rp.1,4 Miliar

Pantauan awak media di lokasi pembuatan jembatan gantung Talaka tersebut baru dipasangi tiang jembatan dari besi baja, dan sebagian akses jalan sudah dibeton menuju bibir sungai, padahal telah menghabiskan anggaran Rp.900 juta dimana ditahun 2017 sebesar Rp.200 juta dan tahun 2018 kemarin sebesar Rp.700 juta kemudian tahun 2019 ini kembali dianggarkan Rp.500 juta sehingga total penganggaran hingga tahun ketiga ini sudah mencapai Rp.1.4 Milyar

yang dibatasi oleh sungai Pangkajene yang luasnya sekitar 50 meter dan pembangunannya sudah memasuki tahap ketiga di tiga tahun mata anggaran di APBD Pemkab Pangkep dan belum memperlihatkan tanda tanda jembatan gantung tersebut bakal rampung tahun ini.

Padahal sebelumnya pada tahun 2018 lalu Dinas Kepala Dinas PU Pangkep, Ir H Sunandar dihadapan awak media telah menargetkan pembuatan jembatan gantung Talaka tersebut rampung pada tahun 2019 ini dengan anggaran hanya Rp.1,3 Miliyar ini berarti anggaran tersebut sudah bertambah sebanyak Rp.100 juta dari rencana sebelumnya

"Masa pengerjaannya sekitar 5 bulan. Tapi Tergantung kontrak pengerjaanya. Hanya saja untuk digunakan pas 'lebaran' tahun ini mungkin belum, karena 'lebaran' bulan Juni, jika kontrak pengerjaan bulan 3 berarti bulan 7 atau 8 baru rampung," ungkap Sunandar kala itu Selasa (16/1/2018).

Namun saat dikonfirmasi ulang oleh awak media beberpa waktu lalu Kamis (21/3/2019) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pangkep, Ir Sunandar sunandar mengakui bahwa pekerjaan itu nanti selesai pada tahun 2021. Sunandar mengaku saat ini sementara persiapan lelang tahap ketiga.

"Belum selesai, tahun ini tahun ketiga dan nanti dirampungkan selesai pilkada 2021, saat ini sementara persiapan lelang dan tahun ini tahun ketiga penganggarannya dan tuntas" ujarnya kepada awak media

Sunandar menambahkan, jembatan gantung tersebut dirancang dengan menggunakan struktur baja. Dia mengaku saat ini, sudah dikerjakan dan perampungannya sekitar 70 persen.

"Jadi jembatan gantung ini dirancang pakai struktur baja, mulai dari tiang pilon plat dan reling semua dari baja. Jembatan gantung ini jembatan dengan rangka baja pertama yang dibuat di Pangkep. Tiangnya sudah ada yang berdiri dan sebagian jalannya sudah dibeton. dan nantinya ada kabel penarik dari baja dan kayu sebagai lantai. Insya Allah rampung usai Pilkada 2021 mendatang," katanya.

Jembatan gantung Talaka ini mulai dibangun tahun 2017 lalu hingga sekarang oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Pangkep dengan panjang jembatan 60 meter dan lebar 1,5 meter yang hanya dikhususkan untuk penyebrangan pejalan kaki, kedaraan roda dua dan kendaraan becak motor (bentor).

Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghubungkan antar dua kelurahan yakni Kelurahan Kalabirang dan Kelurahan Pa’bundukang yang dipisahkan oleh bantaran sungai Pangkajene seluas 50 meter dan diharapkan dapat mempersingkat jarak tempuh warga yang selama ini harus menempu 3 KM untuk menuju kedua tempat tersebut.

(ADM-KP)



 

Posting Komentar untuk "Duh, Dikerjakan Mulai Tahun 2017, Jembatan Gantung Talaka Baru Bisa Dipakai 2021"