IKLAN

Duh, Hari Libur Puskesmas Labakkang Pangkep Tolak Pasien Untuk Berobat

KORANPANGKEP.CO.ID - Layanan Publik Kesehatan untuk warga seharusnya buka 24 jam agar warga yang hendak berobat bisa menikmati fasilitas kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah, namun hal berbeda yang terjadi di Pusekesmas Kecamatan Labbakkang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, Pelayanan Puskesmas justru tidak melayani pasien dikarenakan hari libur dan dokter jaga tidak masuk.

Hal ini dialami seorang warga asal kecamatan Labbakang bernama wati saat membawa anaknya berobat karena sedang sakit Kepala dan demam tinggi kepuskesmas Labbakkang, Namun Ia ditolak masuk ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) guna mendapat perawatan intensif dari tim medis puskesmas Labbakang.

"Sakit sekali kepalanya dan demannya tinggi anakku, jadi saya bawa kepuskesmas untuk berobat, tapi kata petugasnya, tidak boleh berobat kalau hari libur seperti hari ini." Keluh Wati, Kamis (7/3/2019) yang kebetulan bertepatan hari libur nasional perayaan Hari Nyepi.

Wati yang khawatir dengan keadaan anaknya kemudian mendesak agar anaknya segera ditangani tim medis puskesmas labakkan, bahkan meski anaknya ditanggung asuransi BPJS, dirinya bersedia membayar demi kesembuhan anaknya namun tetap petugas jaga saat itu tidak melayaninya.

"Tolong pihak terkait agar bisa mengevaluasi petugasnya, bukankah di UGD kita baca ada tulisan disitu 24 Jam Pelayanan UGD, tetapi anak saya tidak diperiksa, biar untuk ditensi saja tidak sama sekali" Ujarnya.

Sementara itu, Andi Darma Kepala Puskesmas Labakkang membantah jika di puskesas yang dipimpinnya telah terjadi penolakan terhadap pasien pada hari libur kemarin, ia mengaku telah mengkonfirmasi petugas jaga namun tidak ada yang mengakui adanya penolakan tersebut.

"Saya sudah konfirmasi petugas jaga katanya tidak ada penolakan pasien" Kilahnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pangkep, dr.Indriani Latief sangat menyayangkan perihal kejadian tersebut, menurutnya tak ada alasan untuk tidak menerima pasien yang hendak berobat sebab semua puskesmas di Pangkep telah memiliki fasilitas layanan rawat inap, dan harus tetap memantau kesehatan pasien walau hari libur sekalipun.

"Harusnya tetap menerima pasien walaupun hari libur, semua puskesmas yang rawat inap seperti itu seharusnya, datangnya penyakit tidak bisa dibatasi waktu. Penyakit bisa datang kapan saja" Pungkasnya.

Sebagaimana diketahui ketika liburan tidak semua orang bisa meninggalkan pekerjaan yang biasa dilakukannya setiap hari, terutama mereka yang kerjanya berkaitan dengan pelayanan jasa publik. Prinsip-prinsip pelayanan publik itu sudah diatur dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

(ADM-KP)



BAGIKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Duh, Hari Libur Puskesmas Labakkang Pangkep Tolak Pasien Untuk Berobat"

Posting Komentar