IKLAN

Disdukcapil Pangkep Catat Enam Warga Pangkep Tidak Memiliki Agama Di KTP dan KK

KORANPANGKEP.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, mencatat ada sebanyak enam orang warga Pangkep yang tidak memiliki Agama atau mengosongkan kolom agama pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Kelurga (KK) nya.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dinas Catatan Sipil Pangkep, Rustam di Pangkajene, Rustam menyebut, enam warga tersebut berdomisili di kecamatan Pangkajene dan Kecamatan Minasatene sejak tahun 2016 lalu.

"Benar ada enam orang yang sengaja mengosongkan kolom agama di KTP-nya. Lima warga Pangkajene dan satu warga Minasatene. KTP keenam warga ini selesai dicetak dan pendaftarannya sejak 2016. Dua diantaranya berasal dari Jawa. Kalau diaplikasi itu kita langsung saja ketik NIK dan muncullah nama-nama itu. Setelah dicek memang dikosongkan pada kolom agama" Ungkap Rustam Kamis (7/3/2019)

Ditanya soal keberadaan enam orang yang tak mengisi kolom agama pada KTP nya Rustam menyebutkan Ke enam warga Pangkep yang mengosongkan kolom agama di KTP nya tersebut memiliki SK dari Kemenkumham dan berkas-berkas pendukung lainnya.

"Kalau dilihat di data komputer kan ada enam jenis agama di Indonesia dan nomor tujuh itu kosong yakni kepercayaan terhadap Tuhan, Dia perlihatkan berkas-berkas tersebut di depan petugas Disdukcapil Pangkep dan memang berkasnya lengkap." Terangnya.

Iapun menyebutkan bahwa pihak Provinsi sudah mendata dan langsung memerintahkan Kadis Disdukcapil Pangkep untuk mengecek di aplikasi tersebut dan mendatanya dalam Kependudukan karena ada dasar hukumnya.

"Itulah saya sampaikan ini ke bidang pendaftaran penduduk aturan undang-undangnya,  meskipun dia tidak beragama kalau data pendukungnya lengkap tetap bisa punya KTP, Meski mereka mengosongkan serta tidak mengisi pada kolom agama, mereka tetap dilayani sesuai kependudukannya. Mereka itu punya kepercayaan atas Tuhan jadi tidak mengisi kolom agama cuma tidak terbaca di aplikasi," Pungkasnya.

Sebagaimana diketahui dalam
Undang-undang Nomor 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan, Pasal 61 (1) menyebutkan KK memuat keterangan mengenai kolom nomor KK, nama lengkap kepala keluarga dan anggota keluarga, NIK, jenis kelamin, alamat, tempat lahir, tanggal lahir, agama, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, status hubungan dalam keluarga, kewarganegaraan, dokumen imigrasi, nama orang tua.

(2) Keterangan mengenai kolom agama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Penduduk yang agamanya belum diakui sebagai agama berdasarkan ketentuan Peraturan Perundangundangan atau bagi penghayat kepercayaan tidak diisi, tetapi tetap dilayani dan dicatat dalam database Kependudukan.

(ADM-KP)




BAGIKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Disdukcapil Pangkep Catat Enam Warga Pangkep Tidak Memiliki Agama Di KTP dan KK"

Posting Komentar