IKLAN

Dianggarkan Dishub Pangkep Tahun 2018, 10 HP dan Aplikasi Sipelaut Belum Terbagi

KORANPANGKEP.CO.ID - Sebanyak sepuluh handphone dan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Transportasi Laut (Si Pelaut) untuk para pemilik kapal di Dermaga Pangkajene Pangkep belum terbagi sampai saat ini bulan Maret 2019 ini. 

Padahal, alat Si Pelaut ini sudah dianggarkan tahun 2018 lalu melalui APBD 2018 sebesar Rp.90 juta atau sekitar Rp.7.5 Juta perunit 

Alat tersebut diserahan secara simbolis pada bulan Januari 2019 lalu berupa Handphone merek Xiaomi A6 seharga Rp.2 Jutaan beserta Aplikasinya yang diberikan kepada kepada 2 orang pemilik kapal dari total alat yang rencana disediakan sebanyak 12 buah.

"Kalau disini kan enam semua yang dapat, termasuk saya. Dulu saya sudah ada tapi lima teman pemilik kapal sampai sekarang belum dikasi," kata pemilik kapal Aslam Jaya asal Karangrang, Bado' saat ditemui awak media di Dermaga Pangkajene. Senin (11/3/2018)

Padahal menurut Bado kelima temannya tersebut Setiap hari juga mengantar penumpang sangat membutuhkan alat tersebut apalagi cuaca yang terkadang extrim dilaut Pangkep, kelima rekannya pun hingga saat ini mempertanyakan bantuan aplikasi tersebut.

"Tiap hari mereka mengantarji, macam-macam rutenya ada ke Karangrang, Kulambing, Podang-podang dan pulau lainnya. Mereka berharap Dishub menepati janjinya serta memberikan aplikasi tersebut," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 12 pemilik kapal di Pangkep akan mendapatkan sarana Sistem Informasi Pengawasan Transportasi Laut Rabu (16/1/2019) lalu.

Sarana Sistem Informasi Pengawasan Transportasi Laut ini berupa bantuan handphone android yang di dalamnya ada aplikasi Si Pelintas Laut. bantuan ini dibagi di dua dermaga yakni dermaga Maccini Baji dan dermaga Pangkajene dengan masing-masing enam tiap dermaga.

"Bantuan ini dari anggaran APBD 2018. Setiap kapal mendapatkan handphone android yang di dalamnya ada aplikasi Si Pelintas Laut," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan laut Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Faisal Yusuf kepada TribunPangkep.

Tujuan pemberian sarana Si Pelaut ini agar memudahkan Dishub Pangkep mengecek aktivitas pelayaran tiap kapal penumpang, Faisal menjelaskan pemakaian aplikasi ini dihubungkan dari aplikasi pemilik kapal hingga terpantau di server Dinas Perhubungan Pangkep.

"Servernya ada di kantor, jadi kita ada ruangan mengontrol dan memonitor mereka selama melakukan aktivitas berlayar," ungkapnya.

Dia mengaku dengan adanya aplikasi ini, aktivitas pelayaran dapat selalu terpantau untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlayar.

"Kita bisa langsung berikan pertolongan pertama apabila ada insiden kecelakaan di laut," kata Faisal.

Selain itu, manfaat dengan adanya si Pelaut ini, kapasitas dan jumlah penumpang juga langsung terdeteksi. Pemilik kapal yang mendapatkan bantuan tersebut berasal dari pulau Samatellu, Karangrang, Kulambing, Balanglompo, Sabutung dan Ssatando Kabupaten Pangkep.

"Ini motivasi juga agar kedepannya banyak pemilik kapal yang memakai aplikasi ini sehingga jika ada bahaya di perjalanan langsung membunyikan tombol alarm di aplikasi tersebut," jelasnya.

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Dianggarkan Dishub Pangkep Tahun 2018, 10 HP dan Aplikasi Sipelaut Belum Terbagi"

Posting Komentar