Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Besok Sore Kelulusan SNMPTN 2019 Diumumkan, Silahkan Cek Disini Kelulusanmu

KORANPANGKEP.CO.ID - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT mengumumkan jadwal Pengumuman SNMPTN 2019 dimajukan. Semula Pengumuman hasil SNMPTN 2019 baru akan disampaikan pada Sabtu (23/3/2019). 

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional atau SNMPTN 2019 akan diumumkan, Jumat (22/3/2019) besok sekitar pukul 16.00 WIB atau pukul 17.00 WITA Para siswa dapat melihat Pengumuman SNMPTN 2019 melalui laman resmi snmptn.ac.id.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof Budi Prasetyo mengatakan, pengumuman hasil SNMPTN dimajukan dari jadwal awalnya karena proses seleksi sudah dapat diselesaikan lebih awal. Selain itu, pengumuman dipercepat untuk memberi kesempatan bagi siswa yang tidak lulus seleksi untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer di gelombang pertama.

"Mengingat proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar UTBK Gelombang I," jelas Prof. Budi.

Prof. Ravik Karsidi Ketua LTMPT menginformasikan jumlah siswa eligibel (layak) untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

"Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019 dan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran tercantum di laman www. snmptn.ac.id," jelas Prof. Ravik.

Lebih jauh, Ketua LTMPT menjelaskan pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:

1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Sebanyak 381.070 siswa dipastikan akan gagal di jalur SNMPTN 2019 ini. Pasalnya, dari 478.070 siswa yang mendaftar, hanya ada sekitar 97.000 kursi untuk mahasiswa baru jalur SNMPTN 2019. Jumlah tersebut tersebar di 85 perguruan tinggi negeri yang menjadi peserta SNMPTN 2019, baik lingkup Kemristekdikti maupun Kementerian Agama.

Bagi yang tak beruntung lulus di jalur SNMPTN 2019, jangan khawatir masih ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2019. Pendaftaran SBMPTN 2019 baru akan dibuka mulai 10 – 24 Juni 2019.

Namun, sebelum mendaftar SBMPTN 2019, siswa diwajibkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2019. Pendaftaran UTBK 2019 pun sudah dibuka sejak 1 Maret 2019 melalui laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id

Siswa yang telah mendaftar SNMPTN 2019 dan masih menunggu pengumuman, tetap diperbolehkan mendaftar UTBK gelombang pertama ini. Pasalnya, jika mendaftar UTBK sebelum pengumuman SNMPTN tak akan memengaruhi peluang kelulusan SNMPTN. 


Bahkan, jika mendaftar setelah pengumuman SNMPTN, siswa hanya bisa ikut UTBK pada gelombang kedua saja. Pendaftaran UTBK gelombang kedua dibuka hingga 24 Maret 2019. Namun kalau lulus SNMPTN, nilai UTBK yang diraih tidak bisa didaftarkan di SBMPTN.

"Bagi yang sudah mendaftar di SNMPTN maka data sudah akan tersedia dan tinggal melakukan verifikasi," kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof Budi Prasetyo.

Laman Mirror

Menjelang pengumuman hasil SNMPTN 2019, biasanya website resmi akan sulit diakses peserta. Pada tahun sebelumnya, ada 12 laman mirror di 12 perguruan tinggi negeri yang membantu untuk mengumumkan hasil SNMPTN.

Berikut link alternatif untuk melihat hasil pengumuman SNMPTN 2019 melalui laman mirror di 12 PTN sebagai berikut:

1. http://snmptn.unsri.ac.id

2. http://snmptn.ui.ac.id

3. http://snmptn.ipb.ac.id

4. http://snmptn.itb.ac.id

5. http://snmptn.undip.ac.id

6. http://snmptn.ugm.ac.id

7. http://snmptn.its.ac.id

10. http://snmptn.unhas.ac.id

11. http://snmptn.unand.ac.id

12. http://snmptn.unsyiah.ac.id


Para pendaftar juga bisa langsung menekan tombol CEK DISINI dbawah ini untuk mengecek kelulusannya.

http://pengumuman.snmptn.ac.id/
 

Posting Komentar untuk "Besok Sore Kelulusan SNMPTN 2019 Diumumkan, Silahkan Cek Disini Kelulusanmu"