Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkas dan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi ADD Sabaru Dilimpahkan Ke Kejari Pangkep

KORANPANGKEP.CO.ID - Berkas kasus dugaan korupsi penyelewengan Anggaran Dana Desa (ADD) Kepala Desa Sabaru, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, akhirnya Usman akhirnya telah dilimpahkan ke Kejaksan Negeri (Kejari) Pangkep oleh Penyidik dari Satuan Reserse Kriminal Polres Pangkep tahap kedua dan dinyatakan rampung atau P21.

"Berkas perkaranya Sudah P21, hari ini kita pelimpahan tahap dua tersangka ke kejaksaan," ungkap Ipda Firman Kanit Tipikor Polres Pangkep. Rabu (26/3/2019)

Bersamaan diserahkannya berkas perkara desa Sabaru tahap kedua tersebut pihak polres Pangkep juga menyerahkan tersangka Muhammad Usman ke pihak kejari Pangkep untuk diproses hukum lebih lanjut. Yang mana Muhammad Usman telah ditahan selama 49 hari guna menjalani proses pemeriksaan di Mapolres Pangkep.

Diketahui, Usman resmi ditahan pada (04/02/2019) lalu usai menjalani pemeriksaan dirinya sebagai tersangka. dalam kasus ini untuk sementara Usman dinyatakan sebagai aktor tunggal karena dugaan telah melakukan penyelewengan ADD dengan melakukan mark up sejumlah kegiatan. tahun anggaran 2014,2015 dan 2016. Dari hasil BPKP, kerugian negara dari kasus ini sebesar Rp290 juta dari sejumlah kegiatan APBDES 2015 dan 2016.

Muhammad Usman datang ke Mapolres Pangkep saat surat panggilan untuk kedua kalinya sudah dikirimkan, saat ditahan tidak menolak dan terlihat pasrah. Usman tak lagi dibiarkan pulang usai menjalani pemeriksaan atas kasus dugaan penyelewengan dana desa yang menetapkan dirinya sebagai tersangka.

Pasal yang dipersangkakan yaitu Pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 dan atau pasal 9 UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Penyelidikan ini berdasarkan surat pengaduan dari Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kecamatan Liukang Kalmas Pangkep (HPPMK-P) No: 02/C/ SP/ HPPMK-P/ Kalmas/ VIII/ 2016, Tanggal 14 Agustus 2016, maka dilakukan penyelidikan terhadap penggunaan ADD dan DD di Desa Sabaru untuk tahun 2014 dan tahun 2015.


(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Berkas dan Tersangka Dugaan Kasus Korupsi ADD Sabaru Dilimpahkan Ke Kejari Pangkep"