Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bulan Berlabuh Di Dermaga Maccini Baji, Kapal Pelra Pangkep Akan Dioperasikan

KORANPANGKEP.CO.ID - Setelah lama terkatung katung  berlabuh di pantai pelabuhan Macini Baji, kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) KM Banawa Nusantara 6 bantuan Kementerian Perhubungan tahun 2018 akhirnya rencana akan dioperasikan tahun ini dan bakal melayani sejumlah pulau di wilayah Kecamatan Liukang Tupabiring.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Lalu Lintas Angkutan Laut, Dishub Pangkep, Faisal Yusuf Ia menjelaskan, kapal tersebut rencananya bakal beroperasi pada April 2019 mendatang. Sebab saat ini masih dilakukan uji layak dan kesesuaian dermaga untuk kapal tersebut sandar.

Faizal mengatakan, rute kapal Pelra KM Banawa Nusantara 6 rencanaya akan meliputi tiga pulau yaitu Sabutung, Samatellu dan Gondong Bali. Ia berharap dengan pelayaran reguler, maka warga pulau akan lebih mudah menjual hasil laut mereka ke daratan.

“Rute kapal ini mulai Dermaga Maccini Baji kemudian ke Pulau Sabutung selanjutnya ke Pulau Samatellu dan terkahir di Pulau Gondong Bali. Tujuannya tentu mempermudah aktivitas perekonomian masyarakat pulau,” jelasnya, Jumat, (15/3/20190).

Diketahui Kapal Pelra KM Banawa Nusantara 6 ini memiliki Kapal Pelra berukuran 35 Gross Tonnage (GT) dengan kapasitas penumpang 30 orang dan barang seberat 10 ton, Kapal tersebut dilengkapi ruangan full AC dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 24 shift (tempat duduk)

Selain itu Kapal pelra KM Banawa Nusantara 6 ini juga dilengkapi dengan fasilitas peralatan keselamatan yang cukup modern dan lengkap, seperti perlengkapan keselamatan jiwa, perlengkapan pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi dan pencegahan pencemaran

Kapal Pelra ini adalah merupakan bantuan Kementerian Perhubungan yang dihibahkan untuk sejumlah Kabupaten di Indonesia, salah satu diantaranya adalah Kabupaten Kepulauan Pangkep pada bulan Juni 2018 lalu

(ADM-KP)



Posting Komentar untuk "10 Bulan Berlabuh Di Dermaga Maccini Baji, Kapal Pelra Pangkep Akan Dioperasikan"