Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Warga Pangkep Tewas Tersambar Petir, ini 10 Tips Agar Tidak Tersambar Petir

KORANPANGKEP.CO.ID Seorang petani tambak Kamaruddin (55 tahun) ditemukan tewas disebuah pematang empangnya akibat tersambar petir saat hujan pagi tadi, di Kampung Bulu-Bulu, Kelurahan Anrong Appaka, Kecamatan Pangkajene, kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel. sekitar pukul 07.30 wita, Senin 4 februari, 2019.

Kapolsek Pangkajene, AKP Slamet Budi Hari, dikonfirmasi membenarkan, adanya petani tambak ditemukan tewas di pematang tambak.

“Kamaruddin ditemukan sudah dalam kondisi tidak bernyawa oleh warga. Yang saat itu, dua saksi warga hendak ke lahan sawahnya kemudian ditengah jalan melewati pematang empang mendapati tubuh Kamaruddin dengan ciri ciri diduga tersambar petir dan sudah tidak bernyawa, kemudian kedua saksi ini memanggil warga lainnya untuk dievakuasi dibawah ke rumah duka,”jelas Slamet Budi Hari.

Ia pun mengimbau kepada para petani dan warga, ketika ingin beraktivitas diluar rumah hendaknya melihat kondisi cuaca terlebih dahulu, mengingat saat ini, cuaca masih ekstrim

Berikut tips-tips yang diambil agar terhindar dari bahaya petir

1. Jika melihat petir  atau mendengar gelegar guruh, bergegaslah menuju bangunan yang telah dilindungi oleh penangkal petir.

2. Jadikan kendaraan mobil Anda sebagai alternatif pengganti bangunan bila tidak ada penangkal petir. Pastikan semua jendela dan pintu tertutup rapat. Hindari menyentuh berbagai perangkat yang terbuat dari logam di dalam mobil.

3. Bila sedang berada di hutan, berlindunglah di semak yang memiliki pepohonan rendah. Sebab, pohon tinggi cenderung disambar oleh petir.
Bila berada di ruang terbuka, cari tempat yang lebih rendah.

4. Jika berada di dalam perahu di tengah danau atau laut, bergegaslah untuk menuju daratan secepat mungkin.

5.Hindari berbaring di atas tanah karena sengatan listrik justru menyebar di tanah atau dataran. Cukup jongkok saja, tanpa kedua tangan menyentuh tanah.

6.Hindari berdiri bergerombol bersama banyak orang jika berada di ruang terbuka. Usahakan Anda membuat jarak antara orang dengan orang sekitar lima meter.

7. Bila saat berada di luar ruangan rambut Anda tiba-tiba berdiri, itu pertanda petir akan menyambar tubuh Anda. Jika begitu, segeralah melakukan gerakan rukuk atau menekuk badan ke arah depan dan letakkan kedua tangan pada masing-masing lutut kaki.

8. Hindari berbaring di atas tanah karena sengatan listrik justru menyebar di tanah atau dataran. Cukup jongkok saja, tanpa kedua tangan menyentuh tanah.

9. Hindari pintu, jendela, peralatan elektronik dan tempat berair bila Anda sedang berada di dalam rumah. Alangkah baiknya jika Anda segera mencabut seluruh kabel yang berhubungan dengan aliran listrik, seperti televisi, radio, handphone, telepon, dan lainnya.

10. Matikan ponsel maupun gadget yang Anda bawa dalam saku

(ADM-KP)


Post a Comment for "Warga Pangkep Tewas Tersambar Petir, ini 10 Tips Agar Tidak Tersambar Petir"