IKLAN

Kenaikan Gaji ASN Pangkep 2019 Menunggu PP dan Juknis Pemerintah Pusat

KORANPANGKEP.CO.ID - Sampai saat ini Kenaikan gaji bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pangkep belum mengalami kenaikan meski pemerintah sudah menjajnjikan kenaikan itu pada awal tahun 2019 ini

"Iya gaji belum naik, sebab belum ada Peraturan Pemerintah (PP) yang resmi yang kami terima mengatur hal tersebut dan nanti kalau PP nya sudah ada baru kita menyesuaikan dengan juknis keementerian," kata Hj Jumliati Kepala Badan Pengelola dan Keuangan Daerah Pangkep, Kamis (14/2/2019).

Hj Jumliati mengakui belum bisa memastikan jumlah kenaikannya, pihaknyapun masih menunggu-nunggu anggaran yang disiapkan negara untuk kenaikan gaji tersebut. Dia pun berharap agar ASN Pangkep dapat bersabar menunggu keputusan pusat.

"Jumlah kenaikannya itu kita belum tahu berapa persen dan kapan waktunya, Mungkin dalam waktu dekat, sekitar bulan lima Insya Allah ada infonya. Sekarang kita cek-cek dulu di kementerian, Sabar saja, tunggu jika sudah ada PP nya kita pasti akan proses," pungkasnya.

Sementara itu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut kenaikan gaji ASN bakal naik sebesar 5 persen kemungkinan baru akan terealisasi pada April 2019. Adapun kenaikan gaji yang seharusnya diterima ASN dibulan sebelumnya mulai Januari hingga terbitnya PP kemungkinan dibayarkan sekaligus pada bulan tersebut. Hal ini lantaran payung hukum yang mengatur hal tersebut belum terbit.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan pihaknya bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) baru akan membahas Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur kenaikan gaji mulai Januari kemarin. Dengan demikian, menurut dia, PP tersebut kemungkinan baru bisa terbit pada Maret 2019.

"Kalau PP jadi pada bulan Maret, maka setelah itu, setiap tanggal 1 per bulan kedepannya, kenaikan gaji mulai dibayar. Misalnya selesai bulan 3 bulan 4, nanti tetap dihitung bulan Januari, tetap. Itu dirapel, ngitung kenaikan. Jadi dibayarkannya setelah ada PP, nanti dirapel," jelas Askolani.

Kendati demikian, Askolani bilang kenaikan gaji abdi negara tahun depan sebenarnya sudah dimulai sejak 1 Januari 2019. Makanya, setelah PP itu terbit, kenaikan gaji yang seharusnya diterima PNS antara Januari hingga Maret akan dibayar sekaligus pada April tersebut.

Askolani juga menjelaskan, bahwa penyusunan aturan seperti ini memang biasa dilakukan pada awal tahun. Karenanya, para PNS tak perlu khawatir dengan hal tersebut.

"Mulainya sudah Januari, tapi kalau belum ada PP, implementasinya belum bisa dimulai. Biasanya tiap tahun begitu, kalau memang ada kenaikan begitu. Karena regulasi kan harus ada penetapan presiden, kita rapatkan dulu PP-nya," ujarnya.

Kondisi ini sebetulnya serupa ketika pemerintah menaikkan gaji PNS tiga tahun lalu melalui Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015. Kala itu, pemerintah menaikkan gaji pokok PNS sebesar 6 persen.

Dengan kenaikan gaji, Askolani juga mengatakan, otomatis nilai gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) PNS yang diterima akan lebih besar. Sebab, gaji pokok dianggap sebagai basis utama dalam perhitungan dua tambahan penghasilan tersebut.

Rencananya, di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019, pemerintah menyiapkan gaji dan tunjangan PNS sebanyak Rp98 triliun. Sementara itu, anggaran untuk pensiunan mencapai Rp117 triliun di tahun depan.

"Tentu gaji ke-13 dan THR juga akan naik, karena gaji pokok akan menjadi basis perhitungan tersebut," paparnya

Sebelumnya diberitakan kenaikan gaji PNS sebesar 5 persen di tahun 2019 sudah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo saat menyampaikan nota keuangan RAPBN 2019. Kenaikan gaji tersebut merupakan yang pertama sejak 2015.

Menurut catatan, sejak 2007 hingga 2015, pemerintah selalu menaikkan gaji PNS setiap tahunnya. Namun, kenaikan tersebut berhenti di 2015. Meski demikian, sebagai ganti atas gaji yang tidak naik, pemerintah telah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR), atau kerap disebut gaji ke-14 kepada PNS mulai tahun 2016 melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2016.

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Kenaikan Gaji ASN Pangkep 2019 Menunggu PP dan Juknis Pemerintah Pusat"

Post a Comment