Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jembatan Tagari Putus, Petani Bertaruh Nyawa Menyebrangi Airan Sungai Deras

KORANPANGKEP.CO.ID - Jembatan yang menghubungkan kampung Tagari dengan areal persawahan Tagari yang dibatasi oleh aliran sungai deras, di Desa Lanne, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel putus dikarenakan arus air sungai yang mengalir sangat deras dan menggerus permukaan tanah jembatan hinggah roboh.

Akibatnya masyarakat yang hendak ke sawahnya diseberang jembatan, terpaksa harus menyeberangi sungai, agar mereka bisa kesawah, walaupun harus bertaruh nyawa, karena derasnya arus sungai yang juga dipenuhi dengan batuan cadas.

Selain harus bertarung nyawa tentu saja akan menyulitkan petani mengangkut alat alat pertanian dan pupuk serta hasil panen mereka Belum lagi, ketika para petani harus mengangkut traktornya ke areal persawahannya.

Dari pantauan awak media para petani itu, terlihat sangat kesulitan untuk melewati arus air sungai yang sangat deras dan batuan sungai menjadi kendala utama, untuk mengangkat traktor tersebut. sesekali mereka terbawa arus deras sungai yang tingginya sampai dada orang dewasa

Diseberang jembatan tersebut memang tidak ada perkampungan. Namun, seluruh aktivitas pertanian masyarakat setempat dilakukan di areal tersebut, mulai dari lahan persawahan hingga perkebunan. Sehingga tiap hari masyarakat setempat harus melewati sungai itu setiap hari untuk aktifitas bekerja mereka.

"Tidak ada jalan lain yang bisa dilalui untuk pergi menanam dan panen, kalau bukan lewat di sungai ini. Untuk menyeberangkan traktor saja kami sudah kesulitan, apalagi sekarang musim hujan. Arus sungai sangat kencang," terang Nurdin salah seorang warga Kampung Tagari, Desa Lanne, Kecamatan Tondong Tallasa.

Nurdin sangat berharap pemerintah untuk segera memperbaiki jembatan penyebarangan masyarakat setempat. sehingga bisa dilalui untuk aktivitas pertanian dan tidak membahayakan mereka lagi saat menyebrang ke areal persawahan dan pertanian mereka.


(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Jembatan Tagari Putus, Petani Bertaruh Nyawa Menyebrangi Airan Sungai Deras"