IKLAN

Habis Ratusan Miliar Untuk Pariwisata, Disbudpar Pangkep Hanya Hasilkan PAD Rp.37 Juta

KORANPANGKEP.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel bertekad mangantarkan daerah yang punya sejuta pesona alam menjadi tujuan wisata terkemuka dan berbudaya sehingga pemda Pangkep tak segan segan menggelontorkan biaya ratusan miliyar untuk pengembangan tempat tempat wisata, ressort, dan Hotel yang ada di Pangkep 

Namun sayang hingga saat ini pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pangkep sangatlah minim bahkan jauh dari target awal PAD yang diharapkan sebelumnya.

Padahal, sektor wisata ini menjadi salah satu sektor yang diharapkan pemerintah daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya, banyaknya potensi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Pangkep sampai saat ini belum juga dikelola dengan baik dan optimal. 

Tentunya hal ini tak lepas dari peran Dinas Pariwisata Pangkep yang menjalankan programnya itu belum optimal, maka sektor wisata masih jalan di tempat dan tidak dapat mencapai target PAD.

Dari data capaian PAD tahun 2018, yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pangkep, Andi Yatrib Pare. Disebutkan capaian retribusi tempat rekreasi, Dinas Pariwisata hanya dapat memenuhi 45 persen dari target yang ditetapkan.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Andi Yathrib Pare mengatakan, Dinas Pariwisata hanya mampu memasukkan PAD puluhan juta saja dan tidak mencapai target.

"Kalau dari pariwisata namanya retribusi tempat rekreasi targetnya Rp82 juta dan realisasi Rp37 juta atau hanya 45 persen dari targetnya, Sektor pariwisata terendah." ungkap Yathrib.

Yathrib menambahkan, selain sektor pariwisata sektor lain yang tak capai target adalah Pajak Bumi dan Bangunan yang hanya dikisaran 70 persen. Menurutnya, selain faktor kesadaran masyarakat tentang pajak yang mesti ditingkatkan, petugas di lapangan juga harus ulet dalam menagih PBB.

Sebelumnya, Yatrib memaparkan, PAD Kabupaten Pangkep pada 2018 melebihi target dari yang sudah ditetapkan. Pemerintah Kabupaten Pangkep menargetkan PAD sebesar Rp175,9 miliar dan capaian realisasi sebesar Rp218,5 miliar.

Sementara itu, pendapatan dari sektor kesehatan yang terdiri dari Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) RSUD Pangkep sebesar Rp46,9 miliar dari target Rp50 miliar atau sekitar 80 persen dan Kapitasi JKN yang ditargetkan Rp20,1 miliar mencapai realisasi Rp22,9 miliar atau sekitar 95 persen dan merupakan penyumbang PAD terbesar di kabupaten Pangkep.

Namun demikian kata Yatrib PAD Kabupaten Pangkep pada 2018 secara keseluruhan melebihi target dari yang sudah ditetapkan. Pemerintah Kabupaten Pangkep menargetkan PAD sebesar Rp175,9 miliar dan capaian realisasi sebesar Rp218,5 miliar.

(ADM-KP)



AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Habis Ratusan Miliar Untuk Pariwisata, Disbudpar Pangkep Hanya Hasilkan PAD Rp.37 Juta"

Post a Comment