Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cuma Beraset 14 Unit Mobil Sampah, DLHK Pangkep Lampaui Target PAD Rp.321.697.500

KORANPANGKEP.CO.ID - Hanya bermodalkan 14 unit mobil sampah dan beberapa diantaranya sudah tua dimakan usia namun retribusi sampah yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLH-K) mampu melampaui Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep)sulsel untuk tahun 2018. 

Ini jauh berbanding terbalik dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pangkep yang telah menghabiskan anggaran begitu besar namun hanya menghasilkan PAD Rp.37 Juta Saja dalam setahun padahal target sebelumnya dari sektor pariwisata di perkirakan mencapai Rp.82 Juta

Dari data capaian retribusi sampah DLH-K Pangkep. target awal yang ditetapkan untuk DLHK Pangkep sebesar Rp. 228.260.000, namun pada akhir tahun 2018 DLHK mampu melebihi target hingga capaian sebesar Rp. 321.697.500. atau mencapai sekitar 135 persen dari target sebelumnya

Kepala DLH-K Pangkep, H.Agus Salim, M.Si menuturkan hal ini berkat kerja keras para tim kebersihan DLHK yang setiap saat turun kelapangan untuk membersihkan dan mengangkut sampah warga sehingga para menambah antusias warga rajin membayar retribusi sampah, karena merasa puas dengan kinerja tim kebersihan DLH-K.

"ini berkat kerjakeras tim kebersihan DLHK yang setiap hari membersihkan dan mengangkut sampah warga sehingga warga rajin bayar retribusi tiap bulan, untuk tarif retribusi pengakutan sampah itu sendiri, sesuai Peraturan daerah hanya Rp. 5.000 per bulan." Ungkap Agus

Tentunya capaian ini menurut agus menjadi prestasi membanggakan bagi Dinas yang dipimpinnya tersebut, Agus pun menyebutkan optimis pihaknya dapat melebihi capaian itu jika ditunjang dengan fasilitas armada yang memadai dan cukup untuk melayani warga yang ada dipangkep. 

Sebab menurutnya masih banyak warga yang belum bisa di jangkau karena keterbatasan armada pengangkut sampah yang hanya 14 Unit itupun sebagian sudah ada yang dimakan usia dan kadang sering rusak.

“Kita bisa melebihi lagi capai itu, jika pemenuhan armada ditambahkan. Saat ini, armada kita, pengakutan sampah hanya terdapat 14 unit dengan melayani delapan kecamatan yang ada di Pangkep,”terang Agus Salim, Rabu 27 Februari.

Untuk itu Agus berharap kedepannya pemerintah kabupaten Pangkep dapat menambah armada mobil pengangkut sampah dan tong-tong sampah di sejumlah pemukiman warga sehingga dapat melayani kebutuhan masyarakat untuk kebersihan lingkungan sekitarnya yang ada dikabupaten Pangkep.

(ADM-KP)



Post a Comment for "Cuma Beraset 14 Unit Mobil Sampah, DLHK Pangkep Lampaui Target PAD Rp.321.697.500"