IKLAN

Berkas Perkara Korupsi Mantan Kades Sabaru Tahap I Dilimpahkan Ke Kejaksaan

Berkas kasus korupsi anggaran yang melibatkan Kepala Desa Sabaru, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Muhammad Usman akhirnya telah dilimpahkan ke Kejaksan Negeri Pangkep oleh Penyidik dari Satuan Reserse Kriminal Polres Pangkep tahap pertama

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Pangkep, AKBP Tulus Sinaga menurutnya penyerahan berkas tahap satu ini untuk ditelaah oleh tim penelaah kejaksaan.

"Memang sudah waktunya," ujar Kapolres kepada awak media, Selasa (19/02/2019)

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Pangkep, Andi Novi Andriani membenarkan bahwa kasus tersebut telah memasuki tahap pelimpahan tahap satu. Namun ia sendiri mengaku belum membaca berkas dari kepolisian tersebut.

"Iye belum saya lihat berkasnya dek," ujarnya singkat.

Diketahui, Usman resmi ditahan pada (04/02/2019) lalu usai menjalani pemeriksaan dirinya sebagai tersangka. dalam kasus ini untuk sementara Usman dinyatakan sebagai aktor tunggal karena dugaan telah melakukan penyelewengan ADD dengan melakukan mark up sejumlah kegiatan. tahun anggaran 2014,2015 dan 2016. Dari hasil BPKP, kerugian negara dari kasus ini sebesar Rp290 juta dari sejumlah kegiatan APBDES 2015 dan 2016.

Sebelumnya diberitakan Muhammad Usman adi jebloskan kedalam penjara Mapolres Pangkep oleh penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Kepolisian Resort (Polres) Pangkep, dan sudah mendekam dipenjara setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi ADD Desa Sabaru

Tulus menyebut, tersangka datang ke Mapolres Pangkep saat surat panggilan untuk kedua kalinya sudah dikirimkan, saat ditahan tidak menolak dan terlihat pasrah. Usman tak lagi dibiarkan pulang usai menjalani pemeriksaan atas kasus dugaan penyelewengan dana desa yang menetapkan dirinya sebagai tersangka. 

Pasal yang dipersangkakan yaitu Pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 dan atau pasal 9 UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Penyelidikan ini berdasarkan surat pengaduan dari Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kecamatan Liukang Kalmas Pangkep (HPPMK-P) No: 02/C/ SP/ HPPMK-P/ Kalmas/ VIII/ 2016, Tanggal 14 Agustus 2016, maka dilakukan penyelidikan terhadap penggunaan ADD dan DD di Desa Sabaru untuk tahun 2014 dan tahun 2015.

(ADM-KP)

AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

0 Response to "Berkas Perkara Korupsi Mantan Kades Sabaru Tahap I Dilimpahkan Ke Kejaksaan"

Post a Comment