Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warga Liukang Tangaya Temukan Kapal Tongkang Batubara Hanyut Tanpa Awak ABK

KORANPANGKEP.CO.ID - Sebuah kapal tongkang tanpa awak Anak Buah Kapal (ABK) bermuatan batubara ditemukan hanyut oleh warga disekitar Selat Sumanga sekitar Pulau Balo-baloang Caddi, Desa Balobaloang, Kecamatan Liukang Tangaya, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel. Minggu (27/1/2019)

Tongkang tanpa awak ABK yang ditemukan warga tersebut diduga terlepas dari kapal penarik (tugboat) karena cuaca buruk saat melintas di Selat Sumanga. Pihak Pemerintah Desa Balo-baloang mengerahkan hampir seluruh warga desa untuk mengevakuasi tongkang, namun karena kemampuan kapal penarik yang kecil, tongkang tak bisa ditarik.

"Kami telah melibatkan sebagian besar warga untuk mencoba mengevakuasi tongkang tersebut, namun karena kondisi cuaca buruk dan kemampuan kapal yang digunakan tidak mampu untuk menarik tongkang tersebut sehingga tongkang tesebut biarkan lepas," kata Bohari.

Karena tak mempu mengevakuasi tongkang tersebut, warga akhirnya kembali dan tetap memantau dari jauh. Menurut Bohari, saat ini tongkang hanyut ke arah Pulau Sabalana, sebelah Tenggara pulau Balo-baloang.

Sementara itu Kapolsek Liukang Tangaya, AKP Supriadi membenarkan perihal tersebut setelah mengetahui tongkang tersebut yang berwarna coklat gelap dengan garis merah betuliskan PULAU TIGA 3901. pihaknya berusaha mencari pemilik tongkang.

Dari hasil penelusuran aparat diketahui tongkang perusahaan pemilik tingkang yaitu PT PATRA MARINE 3801.

Supriadi menuturkan, tongkang bertolak dari Pelabuhan Klanis Banjarmasin dengan tujuan PLTU Celukan Bawang, Provinsi Bali.

Dalam pelayaran cuaca buruk sehingga tali jenis secend towing putus tepatnya di perairan sebelah utara Pulau Kangean. Beruntung dari insiden ini, tugboat SM LIBERTY beserta awak selamat di pelabuhan Kangean.

Saat ini pihak perusahaan telah mengutus sebuah tugboat untuk mengevakuasi tongkang tersebut.

"Saat ini sementara tugboat Bomas Explorer sudah meluncur untuk evakuasi tongkang tersebut," terang Supriadi.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "Warga Liukang Tangaya Temukan Kapal Tongkang Batubara Hanyut Tanpa Awak ABK"