Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tagihan Klaim BPJS Nunggak Tujuh Bulan, RSUD Pangkep Terancam Bangkrut

KORANPANGKEP.CO.ID - RSUD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel bakal terancam Bangkrut, pasalnya sudah Tujuh bulan klaim penanganan medis tidak kunjung dibayar oleh BPJS Kesehatan. Akibat klaim belum terganti, Pihak RSUD PAngkep mengaku, kesulitan beli obat dan mengganggu operasional rumah sakit.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangkep, dr Annas Ahmad. ia mengatakan, akibat tunggakan BPJS banyak RS yang terancam bangkrut karena kesulitan membiayai operasional RS yang mahal. Selain itu, BPJS juga dinilai tidak konsisten terhadap pembayaran klaim RS.

"Banyak RS terancam kolaps, salah satunya RSUD Pangkep. Operasional RS kita 90 persen dari klaim BPJS, kalau itu tidak dibayar, bagaimana kita bekerja, beli obat, belanja barang pakai habis dan gaji karyawan," lanjutnya.

Annas juga mengaku jika pihaknya telah berupaya berulang kali melakukan penegihan klaim ke BPJS, namun hingga memasuki bulan ketujuh pada januari 2019 ini pihak BPJS belum memperlihatkan tanda tanda klaim BPJS Rumah sakit akan dibayarkan

"Kita sudah sering pertanyakan ke BPJS, tapi jawaban mereka tidak ada anggaran. mereka tak siap operator JKN. Biasanya hanya menunggak 2-3 bulan terutama akhir tahun tapi kalau ini terparah enam bulan. Januari ini masuk tujuh bulan," kata Annas, Jumat (11/1/2019).

Untuk biaya operasional RSUD Pangkep, Annas menyebutkan, membutuhkan dana rata-rata sebesar Rp4 miiar setiap bulan. Agar pelayanan RSUD tetap berjalan, manajemen mengambil kebijakan untuk menggunakan anggaran sisa agar RS tetap buka.

"Saat ini kondisinya berharap sisa anggaran yang ada, tapi per Januari kita sudah angkat tangan. Kondisi saat ini kita dipaksa melayani tapi tak diberi modal, kalau ada RS yang memutuskan saya pikir wajar," ucapnya.


Namun, Annas memastikan, anggaran sisa tersebut tak bisa lagi diandalkan karena dipastikan habis pada Januari ini. Ia menegeaskan, jika klaim tersebut tak segera dibayar maka akan berdampak pada pelayanan.

"Selain mengganggu pelayanan terhadap pasien BPJS, RSUD juga kini terancam bangkrut jika tunggakan tidak dibayar hingga akhir bulan selanjutnya." Pungkasnya.

(ADM-KP)




Posting Komentar untuk "Tagihan Klaim BPJS Nunggak Tujuh Bulan, RSUD Pangkep Terancam Bangkrut "