Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RSUD Pangkep Bantah Pasien Meninggal Akibat Insiden Tabung Gas Oksigen Bocor


KORANPANGKEP.CO.ID - Berdasarkan pemberitaan media online koranpangkep.co.id yang menyebutkan salah satu pasien bernama Baharuddin di perawatan asoka meninggal di duga karena kaget akibat tabung oksigen yang jatuh saat akan dipasangi oksigen dibantah oleh pihak RSUD Pangkep hal ini disampaikan oleh humas RSUD Pangkep.

Menurutnya Informasi dari keluarga pasien tersebut tidak sepenuhnya benar dan pihaknya telah melakukan investigasi bersama tim komite keselamatan pasien, komite keperawatan, komite medik dan tim case manajer RSUD Pangkep.

Dari hasil investigasi yang dilakukan hari ini Minggu (27/1/2018) maka pihak RSUD mengambil kesimpulannya sebagai berikut :

1. Tidak benar ada insiden tabung gas jatuh kelantai dan regulator tabung gas bocor. Faktanya adalah  pada saat itu kunjungan keluarga pasien yang membludak saat membesuk,  tanpa sengaja tabung oksigen yang ada disamping pasien tersenggol oleh salah satu pengunjung hingga menyebabkan regulator terlepas sehingga menyebabkan oksigen yang mengalir berbunyi suara mendesis seperti ban kempes dan langsung dibetulkan oleh perawat.

Perlu diketahui bahwa berat tabung oksigen adalah 20 kg dan mengandung oksigen murni yang dapat menyebabkan kerusakan pada lantai jika terjatuh, terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah pecah atau bocor

2. Pasien yang dikabarkan meninggal adalah pasien yang memang sudah mengalami penurunan kesadaran akibat unstabel hemodinamik yang telah beberapa kali mendapat tindakan resusitasi akibat muntah darah dan berak darah sehingga terjadi kehilangan banyak darah. Inilah yang menjadi penyebab kematian pasien dan bukan karena kaget akibat suara desisan tabung gas.

3. Jedah waktu insiden regulator oksigen lepas dengan kematian pasien adalah sekitar 60 menit, sehingga sangat tidak rasional mengkambinghitamkan insiden tersebut sebagai penyebab kematian pasien

4. Dari simpulan ini kami berharap agar kiranya masyarakat dapat diberi pencerahan yang mendidik, serta ilmiah agar tidak menimbulkan efek negative thinking pada lembaga pelayanan masyarakat yang justru harus disupport untuk terus membangun perbaikan-perbaikan disegala lini.


HUMAS RSUD PANGKEP

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "RSUD Pangkep Bantah Pasien Meninggal Akibat Insiden Tabung Gas Oksigen Bocor"