Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baru Sebulan Dikerja Jalan Beton Cambatoa Rusak Lagi, PU Tuding BPBD Asal Kerja

Baru sebulan lalu jalan ini di cor oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkep namun jalan beton di Kampung Cambatoa, Kelurahan Pabundukang Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, tersebut kini rusak parah lagi akibat struktur tanah bawahnya amblas kebawah, tergerus air ke sungai Pangkajene.

Ketua RW Cambatoa, Abd Kadir mengatakan kondisi jalanan beton retak parah tersebut sudah sepekan. Dia menyayangkan kerusakan jalanan tersebut, padahal pengerjaanya baru sebulan lalu.

"Satu minggumi ini begitu, biasa kalau ada penumpangnya bentor takutki, jadi turun dulu sampai betul-betul bagus jalan, baru-baru itu di cor, harapanku secepatnya diperbaiki jangan sampai ada korban disitu karena sangat berbahaya" ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pangkep, Ir Sunandar memantau jalan retak parah di Kampung Cambatoa tersebut. menurutnya Kondisi jalanan retak parah, tidak bisa dilewati secara bersamaan, padahal akses jalan tersebut akses menuju jalan poros Makassar-Pangkep.

"Iya saya turun langsung lihat lokasi ini dan memang sangat berbahaya bagi pengendara khususnya malam hari karena jalan hanya satu jalur," ujarnya.

Sunandar berjanji pihaknya akan segera menindaklanjuti jalanan retak parah tersebut dengan secepatnya.

"Jadi solusinya itu kita tutup lubang, lalu kita stabilkan dan padatkan tanahnya sampai kita bronjong lagi," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum Pangkep Kallang Ambo Dalle membeberkan penyebab jalanan beton retak parah di Cambatoa, Kelurahan Pabundukang Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Menurutnya, apa yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkep yang membeton jalanan itu adalah hal yang seharusnya dikoordinasikan dengan pihak Dinas PU Pangkep.

"Itukan sebenarnya dinas PU yang akan membeton jalannya dengan memakai tulang beton yang kuat. Tapi BPBD Pangkep mungkin cepat tanggap makanya mereka yang cor langsung jalanan tersebut," ungkapnya, Rabu (2/1/2019).

Kallang mengkritisi cara BPBD Pangkep yang mengerjakan pekerjaan jalanan beton tersebut sehingga keretakannya parah dan mengalami longsor.

"Itu cara cornya juga asal-asalan, langsung saja mereka kerja tanpa koordinasi dulu dengan kami terkait rencana desain pembuatannya dan material apa yang dipakai agar tidak longsor," jelasnya.

Kallang mengaku, jika sudah seperti ini, tentu masyarakat menyalahkan Dinas PU yang tidak becus memperbaiki jalanan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, sudah sepekan jalanan beton retak parah di Kampung Cambatoa, Kelurahan Pabundukang Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Pantauan awak media Polsek Pangkajene memasang garis polisi (police line) disepanjang jalan beton yang retak nyaris terbelah di Kampung Cambatoa, Kelurahan Pabundukang, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulsel, pemasangan police line dipimpin Kapolsek Pangkajene, AKP Slamet Budihari. Rabu (2/1/2019).

Kapolsek Pangkajene, AKP Slamet Budihari mengatakan pemasangan garis polisi untuk mengimbau warga agar berhati-hati melewati jalan tersebut.

"Ini kita pasang agar warga yang melewati jalan ini berhati-hati karena jalanan rusak parah," ujarnya ditemui di Cambatoa.

Dia mengaku membuat garis polisi bukan karena ada kejadian kecelakaan di area itu melainkan bersifat imbauan menghindari musibah.

"Jangan disalahartikan, kita ini harus siaga dan mengupayakan agar tidak terjadi kecelakaan di area tersebut," jelasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "Baru Sebulan Dikerja Jalan Beton Cambatoa Rusak Lagi, PU Tuding BPBD Asal Kerja"