Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hari Mengapung Dilaut 5 Nelayan Pangkep Ditemukan Terdampar Di Pulau Selayar

KORANPANGKEP.CO.ID - Kapal KM Mitra Setia asal pulau Balo-baloang Kecamatan Liukang Tangngayya. KAbupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dikabarkan tenggelam diperairan kabupaten Jeneponto, Rabu (22/1/2019) malam lalu. dan kelima ABK nya ditemukan terdampar di Pulau Jinato TN Taka Bonerate kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Diketahui Kapal tersebut mengangkut dagangan ternak dari Bima NTB menuju Makassar namun nahaas dalam perjalanan kapal yang dinahkodai Iskandar dan ABK Idrus, Idris, Umar, dan Ansar diterpa badai ombak dan tenggelam saat memasuki perairan kabupaten jeneponto

Kelima orang ABK KM Mitra pun mengapung dengan menggunakan pelampung dari gabus selama tiga hari di lautan yang ombaknya cukup ekstrim. Hingga mereka terbawa arus dan  terdampar di Pantai utara sebelah barat Pulau Jinato, Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar pada, Jumat (25/1/2019) sekitar pukul 01.00 Wita. siang tadi

Setelah terdampar mereka kemudian mendapat pertolongan dari warga pulau Jinato, yakni Jusri yang saat ini rumahnya ditempati oleh kelima korban .

Kepala Desa Balo-baloang Pangkep, Bohari membenarkan kejadian ini ia menyebutkan kelima warganya yang terdampar di Kepulauan Selayar merupakan pedagang pengangkut ternak tersebut mengambil barang dari Bima.

"Iya benar mereka warga Balo-baloang dan pedagang pengangkut ternak asal Balo-baloang, Mereka itu ambil barang dari Bima lalu transit ke Pulau Balo-baloang hingga ke perairan Jeneponto kemudian hanyut di 18 mill jauhnya, 2 hari 3 malam sampai ke kepulauan Selayar," ungkapnya.

Bohari menyebut, Buhari mengatakan, jika lima nelayan itu adalah warganya. saat ini dia sudah memastikan kelima warganya selamat dan berada di rumah warga Selayar dengan aman.

"Alhamdulillah mereka semua selamat, yakni Kapten kapal Iskandar, ABK masing-masing Idrus, Idris, Ansar dan Umar,. Mereka ditemukan di Selayar, kapalnya tenggelam, dan saat ini masih memulihkan kondisi karena kelelahan berada di laut,"jelasnya. Jumat(25/1/19)

Bohari menyebut, kelima warganya akan dijemput setelah aktivitas dermaga di Bulukumba atau di Selayar normal.

"Jadi kita tunggu kapal Bulukumka dan Selayar. Mudah-mudahan ada rute ke Selayar atau ke Bulukumba. Nanti kami akan jemput di dermaga Bulukumba dan Makassar," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga mengatakan, kelima nelayan tersebut berlayar dari Bima, NTB menuju Kabupaten Jeneponto.

“Mereka itu dari Bima, NTB mengangkut sapi,”singkatnya.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "3 Hari Mengapung Dilaut 5 Nelayan Pangkep Ditemukan Terdampar Di Pulau Selayar"