Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROYEK TOWER INDUK DISKOMINFO BELUM SELESAI, DANA SUDAH CAIR 95 PERSEN

Pembangunan Pembuatan pemasangan tower induk 50 Meter sesuai SPK.Nomor : 124/SPK/PPK-komimfo/IX/ 2018 pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel diduga diwarnai praktik KKN. pasalnya proyek dengan sumber dana APBD 2018 ini masih dikerjakan hingga saat ini Kamis (06/12/2018) dan dananya telah cair 95 persen tertanggal 31 oktober 2018 lalu. itu artinya pada tanggal tersebut telah dinyatakan rampung 100 persen pengerjaannya.

Ketua Forum Penyelamat Masyarakat Pangkep (Forlak) Nur Ahmad, SH. menyayangkan apa yang dilakukan PPK Dinas Komimfo yang dinilainya berani melakukan manipulasi berkas pencairan proyek sehingga dananya bisa cair 95 persen.

"Foto dan MC bangunan Tower mana yang diajukan mereka kebadan pengelola keuangan sehingga dananya bisa cair 95 persen. sementara kondisi lapangan masih 65 persen tertanggal 31 Oktober 2018 Ini sudah jelas tindak pidana korupsi junto membuat surat palsu berupa berita acara pho, kwitansi dan sebagainya," kata Nur Ahmad, Kamis (06/12/2018).

Menurut Nur Ahmad, kesalahan PPK Dinas Kominfo Pangkep cukup banyak. Pertama, mereka diduga telah berani mencairkan dana lebih besar daripada bobot pekerjaan. Kedua, Tim PHO berani membuat rekomendasi pekerjaan selesai 100 persen dengan membuat dokumen pernyataan pada berkas, meski bangunan proyeknya belum selesai.

"Padahal dana itu tidak akan bisa cair 95 persen jika bangunan tidak selesai 100 persen.Ini sudah masuk unsur korupsi," tegas Nur Ahmad.

Nur Ahmad juga menilai mereka sudah berani melakukan pembohongan publik, dengan dugaan melampirkan foto-foto yang palsu dan Laporan MC Palsu untuk bisa mencairkan dana 95 persen.

"Jadi Pemerintah Kabupaten Pangkep sudah dibohongi habis-habisan sama mereka dengan membuat laporan fiktif atas bangunan Tower Induk Dinas Kominfo yang sampai sekarang masih dikerjakan. manipulasi ini sudah tentu sudah ada kerjasama antara PPK, KPA dan kontraktornya," beber Nur Ahmad.

Forlak meminta aparat penegak hukum mengambil tindakan tegas karena pihak PPK Dinas Kominfo Pangkep sudah berani terang-terangan melakukan tindakan melawan hukum. Berdasarkan ketentuan Pasal 9 UU Nomor 31 Tahun 1999 jo UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, di mana dalam pasal tersebut dengan jelas bagian inti deliknya tentang pemalsuan surat yang bersifat administratif.

"Jadi unsur melakukan tindak pindana korupsinya sudah terpenuhi," kata Nur Ahmad.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pangkep Bahar, mengakui proyek tersebut Dananya sudah dicairkan 95 persen, dan masih tersisa anggaran pemeliharaan 5 persen serta masih dikerjakan hingga saat ini dan TP4D masih melakukan pendampingan terhadap bangunan proyek tersebut.

"Iya benar pekerjaan itu belum selesai dan anggarannya telah cair 95 persen tertanggal 31 Oktober lalu. namun TP4D masih melakukan pendampingan terhadap proyek tersebut" Ungkapnya melalui telepon selularnya.

Menurut Bahar, dana yang digelontorkan untuk pembangunan 2 unit Tower Induk di Kantor Bupati Pangkep kecamatan Pangkajene dan di RSUD Pratama Desa Batara Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep tersebut sebesar Rp.139.243.000,- selama 75 hari kerja dimulai pada tanggal 21 september 2018 dan berakhir pada Rabu 5 Desember 2018 melalui Dana APBD Pangkep Dinas Kominfo





(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "PROYEK TOWER INDUK DISKOMINFO BELUM SELESAI, DANA SUDAH CAIR 95 PERSEN"