Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMKAB PANGKEP NAIKKAN SPP GRATIS MAHASISWA 2019 MENJADI 19 MILYAR

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, kembali manambah anggaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) gratis bagi mahasiswa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD) Tahun Anggaran 2019 menjadi Rp.19 Miliar. dimana pada APBD pokok 2018 lalu Pemkab Pangkep menganggarkan Rp 15 miliar.

Alokasi angaran untuk mahasiswa ini sehubungan dengan program unggulan tentang pemberian bantuan SPP gratis bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri /swasta asal Pangkep di manapun Mahasiswa tersebut kuliah mulai semester 1 hingga semester 8.

Menurut Bupati, pihaknya akan terus mengupayakan peningkatan anggaran untuk SPP gratis ini dari tahun ke tahun. Dengan begitu, Ia berharap Pemkab Pangkep di bawah pimpinannya dapat membantu beban orangtua mahasiswa, serta pemacu warga Pangkep terus memperbaiki mutu pendidikannya.

"Jangan hanya berfikir asal tamat SMA, tapi diusahakan menjadi sarjana. Urusan biaya SPP itu urusan pemerintah," imbau Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid Batara yang disampaikan kepada SINDOnews, Senin (03/12/2018).

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid mengatakan SPP gratis ini adalah suntikan motivasi kepada masyarakat agar terus melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi.

“Tentu kita mau anak-anak kita di Pangkep terus melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi, agar kualitas SDM kita semakin meningkat,”katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepala Dinas Pendidikan Pangkep melalui kepala bidang SMP, M.Arif Hamzah, untuk 2018 Pemkab sudah mengucurkan anggaran sebesar Rp26 miliar membayar SPP 5.000 orang mahasiswa atau putra-putri daerah pangkep. Mereka kuliah di hampir 100 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia. Pemkab Pangkep membuat MoU dengan perguruan tinggi yang mendukung program ini.

Syarat proposalnya, lampirkan persyaratan biodata, surat keterangan aktif kuliah, foto copy slip pembayaran SPP, foto copy KTP yang masih berlaku, foto copy KK, foto copy SKM, foto copy ijazah SD, SMP dan SMA dan transkrip nilai (IPK). Bagi mahasiswa yang sudah pernah mendapat bantuan gratis SPP cukup melampirkan surat keterangan kuliah aktif pada saat ini, slip pembayaran SPP dan Kartu Rencana Study

Program SPP gratis bagi mahasiswa ini merupakan salah satu dari program janji politik pemerintahan saat ini. sesuai visi dan misi pemerintahan yang dikomandoi H Syamsuddin A Hamid SE bersama H Syahban Sammana SH, dan program tersebut telah berjalan sejak tahun 2016. sasarn SPP bantuan gratis tersebut mulai mahasiswa angkatan tahun 2014 sampai dengan angkatan tahun 2017. jenjang S1 dan Diploma.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "PEMKAB PANGKEP NAIKKAN SPP GRATIS MAHASISWA 2019 MENJADI 19 MILYAR"