Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KAPAL AMBULANCE LAUT PANGKEP SUDAH TIBA DI MAKASSAR, INI PENAMPAKANNYA

Kapal ambulance laut canggih milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang diperuntukan untuk masyarakat kepulauan terluar di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) saat ini sudah tiba di makassar dan terparkir di perairan makassar belakang Popsa

Kapal ambulans laut tersebut terbuat dari kapal viber ini dirancang khusus untuk dapat membelah lautan saat beroperasi meski cuaca laut agak buruk, Ambulans laut senilai Rp1,8 miliar itu diketahui buatan PT Royal Advanced, dari kota Tangeran, Banten. hal ini diungkapkan oleh Taufik Fachruddin Direktur Perusda Sulsel saat dihubungi via telepon selularnya. Selasa (25/12/2018)

"Alhamdullillah kapalnya sudah tiba dimakassar setelah diberangkatkan dari tangeran, banten sejak Rabu (19/12/2018) pekan lalu, saat ini kapalnya ada dibelakang popsa, insya Allah tidak lama lagi warga pulau di pangkep mempunyai kapal ambulans laut canggih." UJar Taufik putra pangkep yang juga merupakan adik ipar gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah.


Menurut Taufik, Ambulance laut sepanjang tujuh meter dan lebar empat meter itu masih akan dilengkapi dengan peralatan medis dan baru akan dioperasikan pada bulan januari 2019 mendatang.

"Meski sudah berlabuh di Makassar, ambulans laut tersebut baru benar-benar dapat dioperasikan paling lambat akhir Januari 2019. Sebab Dinas Kesehatan Sulsel masih akan melakukan lelang alat kesehatan (alkes) untuk mengisi ruang perawatan dan operasi di kapal." Ungkapnya


Senada dengan Taufik, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso menyebutkan bahwa pihaknya melengkapi kapal ambulans laut tersebut dengan peralatan medis layaknya seperti dipelayanan kesehatan, Nilai pengadaan alkes yang disiapkan sebesar Rp300 juta.

"Dalam kapal sudah disiapkan fasilitas meja operasi, untuk dapat menunjang operasi yang bersifat darurat dan khususnya bagi ibu yang butuh persalinan di atas kapal," Ungkap Bachtiar.


Pada 2019, Dinas Kesehatan kembali menargetkan empat ambulans serupa yang bakal beroperasi di wilayah kepulauan. Seperti Kabupaten Pangkep Kepulauan, Kepulauan Selayar, Kota Makassar dan wilayah kepulauan lainnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menargetkan pelayanan kesehatan akan direalisasikan secara merata bagi semua masyarakat. Termasuk melakukan pengadaan ambulans laut untuk menjangkau pelayanan kesehatan bagi masyarakat kepulauan.


Bahkan, dia akan pembangunan rumah sakit regional yang ditempatkan di enam kabupaten dan kota. Kualitas pelayanan yang sama mesti dinikmati masyarakat yang tidak terpusat di Kota Makassar.

"Kita tidak mau semua dirujuk ke Makassar untuk berobat. Kita dekatkan pelayanan kesehatan dengan kualitas yang sama," kata Nurdin Abdullah waktu itu.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "KAPAL AMBULANCE LAUT PANGKEP SUDAH TIBA DI MAKASSAR, INI PENAMPAKANNYA"