Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JUMLAH PENDERITA HIV AIDS DI PANGKEP BERTAMBAH, DIDOMINASI LGBT

Jumlah penderita HIV AIDS di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel, terus bertambah. Sejak Januari hingga akhir November 2018, Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Pangkep menemukan 30 kasus baru. Dengan demikian, jumlah total penderita penyakit HIV AIDS hingga saat ini sebanyak 70 orang. Jumlah itu dari kalangan dewasa dan sebagian dari LGBT Pangkep.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Pangkep, dr Hj Nurliah Sanusi mengatakan sebagian besar dari orang pengidap HIV/AIDS itu terinveksi virus HIV lantaran sering berganti pasangan seksual. Dan mereka tidak pernah memakai pengaman sangat berhubungan seksual.

"Selama dua tahun itu 70 orang yang mengidap HIV/AIDS dan 30 orang tahun ini yang terdeteksi, 10 diantaranya meninggal dunia. Ada juga beberapa dari kalangan LGBT," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Pangkep, dr Hj Nurliah Sanusi di Pangkajene, Jumat (7/12/2018).

Nurliah menyebut mereka yang mengidap penyakit ini rata-rata orang Pangkep yang bertransmigrasi  ke luar dan pulang kampung ke Pangkep.

"Kita kan deteksi dini mereka semua, ternyata banyak yang bekerja diluar Pangkep, mereka yang bekerja pulang ke rumah mengeluh dan saat diperiksa ternyata mereka terjangkit," ungkapnya.

Menurut Nurliah, Dinas Kesehatan Pangkep telah melaksanakan program pencegahan kepada semua kelompok resiko tinggi, yaitu meliputi pencegahan, pengobatan atau perawatan serta rehabilitasi dan monitoring evaluasi (monev). Pencegahan dilakukan melalui sosialisasi-sosialisasi dan pemeriksaan dini, berupa screening Inveksi Menular Sexual ( IMS) dan pemeriksaan HIV melalui voluntary conseling and testing (VCT).

Pihak Dinkes saat ini terus melakukan sosialisasi, khususnya menggalakkan peran puskesmas di 13 kecamatan Pangkep.

"Kita terus sosiolisasi dan puskesmas sangat berperan penting disini untuk mendeteksi dini para pengidap HIV/AIDS dan memberikan pengetahuan tata cara berhubungan seks yang aman,"jelasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "JUMLAH PENDERITA HIV AIDS DI PANGKEP BERTAMBAH, DIDOMINASI LGBT"