Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AKHIR TAHUN, INSPEKTORAT PANGKEP AKAN AUDIT ANGGARAN SETIAP OPD

Inspektorat Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) akan melakukan Pemeriksaan akhir tahun terhadap realisasi anggaran dan serapan berdasarkan SP2D masing masing OPD di Pemkab Pangkep. Pada pemeriksaan nantinya, tim yang terdiri dari sejumlah auditor akan menguji sisa saldo atau kekurangan dana dalam kas OPD disertai dengan pembuatan berita acara pemeriksaan.

Untuk itu Kepala Inspektorat Pangkep, Syaiful Yasinmengaku telah membentuk delapan tim opname kas yang akan melakukan pemeriksaan laporan penggunaan keuangan dan stok barang di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep.

"Tim opname kas yang terdiri dari 17 orang akan melakukan pemeriksaan akhir tahun terhadap realisasi anggaran dan serapan berdasarkan SP2D hingga 31 Desember nantinya." Ungkap Kepala Inspektorat Pangkep, Syaiful Yasin

Syaiful menambahkan, inspektorat sebagai tim pemeriksa internal pemerintah lebih mengedepankan pembinaan jika menemukan kekeliruan dalam hasil audit opname kas.

"Kami lebih ke pembinaan kepada OPD. Haail audit ini juga nanti akan diuji ulang oleh BPK," kuncinya.

Sekedar diketahui Inspektorat merupakan instansi pemerintah yang memiliki fungsi sebagai lembaga pengawasan di daerah. Inspektorat merupakan unsur penunjang pemerintah daerah yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.

Inspektorat mempunyai tugas melaksanakan pengawasan fungsional terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah serta Usaha Daerah lainnya.

Inspektorat Daerah mempunyai fungsi perencanaan program pengawasan, perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan, pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan, pemeriksaan serta pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dearah dibidang pengawasan.

Fungsi dan tugas inspektorat di daerah seharusnya diperluas, meliputi pengawasan pelaksanaan pelayanan publik di daerah, pengawasan internal pada OPD tidak hanya pada fungsi pengawasan anggaran, sebaiknya diperluas sehingga pengaduan masyarakat dapat ditangani secara internal dan dilakukan pengawasan langsung oleh inspektorat.

Wacana Mendagri untuk memberikan golongan jabatan setara dengan eselon 1 merupakan solusi yang baik dan memposisikan inspektorat bertanggung jawab secara berjenjang merupakan inovasi yang baik. Sehingga tidak menimbulkan perasaan segan inspektorat untuk menindak aparatur OPD atas dasar perbedaan tingkat jabatan dan kinerja inspektorat juga bisa lebih kuat.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "AKHIR TAHUN, INSPEKTORAT PANGKEP AKAN AUDIT ANGGARAN SETIAP OPD"