Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AKHIR 2018 DINKES PANGKEP BELUM CAPAI TARGET PEMBERIAN IMUNISASI MR

Dinas kesehatan kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan hingga akhir tahun desember 2018 ini masih belum mencapai target pencapaian yang ditetapkan secara nasional yakni 95 persen pemberian imunisasi MR kepada anak anak di kabupaten Pangkep

Padahal pada pemberian imunisasi MR tahap kedua ini telah melewati batas waktu yang telah diberikan oleh kementrian kesehatan pada bulan oktober 2018 lalu harus mencapai 95 persen.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pangkep, dr Nur Liah menyampaikan bahwa, saat ini pencapaian vaksinasi MR hanya berkisar 73.64 persen. Dia menyebut masih ada 23.989 anak yang belum dilakukan vaksin dari target sebanyak 91.061 orang anak.

"Kita sudah ingatkan seluruh kecamatan untuk maksimalkan vaksinasi ini. Makanya untuk mempertegas itu melalui surat perintah langsung Bupati kita bawa ke seluruh puskesmas, agar betul-betul ditindaklanjuti," jelasnya.

Polemik imunisasi MR yang sempat disebut-sebut belum dikategorikan halal itu merupakan salah satu penyebab dominan penolakannya. diduga masyarakat belum semua mengetahui adanya fatwa MUI nomor 30 Tahun 2018 tentang vaksin MR yang menyebutkan vaksin tersebut boleh diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

"Masyarakat jadi kurang yang mau vaksin anak-anaknya. Maka kita terus berupaya untuk sosialisasi," bebernya.

Pemerintah Kabupaten Pangkep terus mendorong percepatan untuk pencapaian target imunisasi MR. Percepatan ini terus dilakukan agar dapat mencapai target 91 persen pada akhir tahun 2018 ini.

Sementara itu Lantas bagaimana jika kampanye imunisasi MR tidak juga mencapai target 95 persen sampai akhir 2018? Akankah harus mengantisipasi kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) Campak dan Rubella?

Ditemui di Kementerian Kesehatan, Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Vensya Sitohang menanggapi hal tersebut.

"Yang pasti begini, kami tetap optimis sampai akhir tahun ini akan tercapai target. Sebelumnya (imunisasi MR) yang diperpanjang sampai 31 Oktober 2018, kami tetap optimis waktu itu. Intinya, kami terus berjuang dan berupaya agar anak-anak dapat diimunisasi MR," papar Vensya,

Vensya pun enggan berandai andai soal imunisasi MR yang mungkin tidak tercapai sampai akhir  2018 nanti. Sebanyak 10 juta anak yang belum diimunisasi MR diharapkan ikut berpartisipasi sehingga mencapai target 95 persen yang akan membentuk kekebalan komunitas.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "AKHIR 2018 DINKES PANGKEP BELUM CAPAI TARGET PEMBERIAN IMUNISASI MR"