Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WOW, IBU-IBU PITUE PRODUKSI MINYAK VCO, INI MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

Kehidupan masyarakat desa Pitue, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) sulsel. tak lepas dari kelapa. apalagi kelapa tua sering sekali jatuh begitu saja di pematang empang yang banyak ditanami kelapa oleh warga pitue, tak jarang kelapa tersebut terbuang percuma karena warga mengambilnya biasanya hanya untuk keperluan masak didapur seperti sayur kue dan sebagainya.

Hal inilah yang mendasari Bumdes Mattuju Desa Pitue, untuk mengajari ibu ibu membuat  dan memproduksi minyak kelapa murni atau yang lebih populer disebut sebagai extra virgin coconut oil (VCO) sehingga kelapa yang biasanya terbuang percuma dapat bernilai ekonomis bagi warga pitue

Ekstra VCO atau minyak kelapa murni hasil buatan ibu-ibu di desa pitue ini, kaya akan protein, tanpa kandungan asam lemak bebas (free faty acid) dan tidak mengeluarkan bau tengik. dan banyak manfaatnya bagi kesehatan. Daya tahan minyak kelapa murni ini hingga tiga tahun.

Jika dikonsumsi rutin dua sendok sehari ekstra VCO ini diklaim mampu meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peradaran darah hingga mampu menjadi antibakteri dan diyakini bisa membunuh virus yang berlemak seperti virus influenza, hepatitis cacar air, dan herpes

Minyak murni/VCO ini juga mampu menjaga vitamin E dalam kelapa tetap utuh saat diproses menjadi ekstra VCO. Selain itu dengan kadar asam lemak bebas nol dalam VCO dapat mencuci pembuluh darah yang terkena lemak.

Ekstra VCO ini didapat dengan menggunakan metode spontan tanpa melalui pemanasan maupun penambahan bahan tambahan. Metode spontan ini mampu menghasilkan ekstra VCO yang kaya protein, encer, jernih, dan baunya harum atau tidak tengik.

Minyak kelapa murni Virgin Coconut Oil (VCO) yang dihasilkan tanpa melalui proses pemanasan api yang khasiatnya bisa menyembuhkan berbagi macam penyakit itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar petani pengelola bisa membuatnya dengan jumlah yang lebih banyak.

Minyak kelapa murni yang dihasilkan dari santan kelapa tanpa melalui pemanasan itu, bagi masyarakat di Pangkep memang masih belum banyak diketahui tentang khasiatnya sehingga perlu disosialisasikan agar mereka tidak hanya membuat minyak goreng rakyat (bentuk curah) tetapi juga membuat minyak murni.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian dunia, bahwa VCO "minyak murni" dari kelapa itu mengandung asam lemak rantai sedang yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis, sehingga tidak heran bahwa minyak murni itu oleh pemesannya dibeli hingga mencapai Rp50.000/liter.

VCO yang menghasilkan asam laurat dan asam kapriat itu memiliki kandungan yang serupa dengan asam lemak yang terkandung dalam Air Susu Ibu (ASI), yang bersifat antimikroba yang bisa melindungi bayi dari infeksi penyakit.

Bahkan, dari sejumlah perusahaan kosmetik dunia saat ini juga telah memulai mengembangkan produk-produk baru yang mengandung minyak murni itu karena khasiatnya yang luar biasa.

Proses untuk menghasilkan minyak murni itu, memang membutuhkan sedikit pengalaman dan pengetahuan nonformal sebab petani pengelola minyak rakyat akhir-akhir ini hanya terfokus pada produksi minyak kelapa murni yang menghasilkan minyak melalui proses pengapian/pemanasan.

"Minyak kelapa murni ini diproduksi oleh para ibu-ibu Desa Pitue melalui binaan Bumdes Mattuju yang awalnya dilatih oleh program pengabdian masyarakat Pesantren Shohwatul Is'ad Padanglampe Marang," kata Direktur Bumdes Mattuju Desa Pitue, Muhammad Nasrul, Sabtu (12/11/2018).

Minyak murni di Indonesia saat ini sudah mulai populer setelah tahun 2004 melalui hasil penelitian oleh beberapa pakar dan peneliti dari Universitas Gajah Mada (UGM), Yokjakarta yang mempopulerkan istilah Virgin Coconut Oil melalui berbagai media.

Pengalaman konsumen yang mengkonsumsi VCO itu ternyata bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti jantung koroner, asma, diabetes, darah tinggi, kurang vitalitas/impoten dan penurunan berat badan.

"Kami optimis, dengan memberi peluang dan kesempatan bagi masyarakat dipendesaan, khususnya yang mengelola minyak kelapa murni itu, pendapatan mereka akan lebih besar dari biasanya," katanya.

Dia mengatakan, peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi petani untuk menghasilkan minyak murni (VCO) di Pangkep, terbuka luas karena daerah dikabupaten Pangkep umumnya memiliki areal tanaman kelapa yang rata-rata sudah berproduksi baik dikepulauan, daratan dan pegunungan Pangkep.

Bagi masyarakat Pangkep, tak ada salahnya bagi kamu yang ingin merasakan manfaat minyak murni VCO, tak usah jauh jauh membeli ataupun memesan online sebab buatan ibu ibu di desa pitue ini takkalah bagusnya dengan produk yang ada di internet melalui pesan online, cukup memesan melalui Bumdes Mattuju Desa Pitue.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "WOW, IBU-IBU PITUE PRODUKSI MINYAK VCO, INI MANFAATNYA BAGI KESEHATAN"