Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WAGUB SULSEL MINTA SEGERA BUKA JALUR ALTERNATIF PANGKEP - BONE

Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan jajaran instansi terkait di Provinsi Sulsel untuk memprioritaskan pembukaan jalan alternatif penghubung ketiga kabupaten yakni Kabupaten Pangkep, Barru dan Bone serta meminta kerjasama kepada bupati tiga kabupaten tersebut untuk memperlancar terwujudnya jalur alternatif Pangkep - Bone

Hal ini diungkapkan Andi Sudirman Sulaiman, didampingi Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi, saat meninjau akses jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Bone dan Pangkep. Peninjauan dilakukan di Desa Mattampawalie, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Sulsel.

“Saya meminta kepada bupati terkait, khususnya Barru, Bone dan Pangkep, agar bekerjasama untuk membuka akses jalan di daerah yang masih terisolir menjadi jalan alternatif yang memangkas jarak jalur Bone – Makassar,” kata Sudirman, saat meninjau akses jalan alternatif yang menghubungkan Kabupaten Bone dan Pangkep, Kamis (1/11/2018) kemarin.

Menurut Andi Sudirman Sulaiman, jalur ini nantinya bisa memangkas jarak Bone -Makassar sekitar 50 kilometer, selain itu, keberadaan jalan alternatif ini juga dapat membuka jalur bagi desa-desa terpencil bak diwilayah pangkep seperti tondong bua, maupun diwilayah kabupaten Bone dan Barru dan juga sekaligus jalan alternatif bagi angkutan Sulsel dan Sultra melalui Pelabuhan Bone.

"Akses ini nantinya menghubungkan jalur Pangkep, Barru dan Bone yang relatif lancar dibanding jalur Maros – Bone melalui Camba." Ujar Andi Sudirman Sulaiman.

Namun demikian Andi Sudirman Sulaiman meminta kepada jajaran instansi terkait di Provinsi Sulsel dalam pembuatan jalur penghubung tersebut untuk meminimalisir kondisi jalan yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalulintas seperti jalur bone camba yang penuh dengan kelokan dan tanjakan.

Diketahui sebelumnya pada 9 Maret 2012 lalu, Pihak Bina Marga Pemrov Sulsel telah turun langsung melakukan pengukuran jalan sepanjang 40 kilometer di kabupaten Pangkep, pengukuran bermula di Desa Mangilu, Kecamatan Bungoro menuju kecamatan Tondong Tallasa. Selain pengukuran panjang jalan juga dilakukan pengukuran ketebalan aspal jalan.  Panjang jalan yang akan melintasi Kabupaten Pangkep menuju Kabupaten Bone diperkirakan sekira 40 kilometer dengan kondisi topografi jalan berbukit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pangkep, Ir Sunandar,  mengatakan jalan alternatif tersebut pihaknya telah lama mengusulkan jalan alternatif tersebut, adan akan mendukung upaya Pemprov Sulsel untuk membuka jalur jalan lintas Sulawesi yang menjadi jalur alternatif bagi warga untuk mempercepat mobilisasi warga setempat.

"jalur jalan poros yang akan ditingkatkan di Pangkep kini sudah aspal dan sebagian lagi sudah betonisasi. Jalur jalan lintas alternatif ini, melalui Kecamatan Minasa Tene, Kecamatan Bungoro hingga, Kecamatan Tondong Tallasa dengan panjang jalan  40 km ke wilayah tenggara Pangkep." Terangnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Marga Kimpraswil Sulsel, Ir M Arifin, MT, mengungkapkan, pihaknya telah menganggarkan sebanyak Rp2 miliar untuk peningkatan jalur jalan kabupaten menjadi jalan provinsi di Kabupaten Pangkep.

Anggaran tersebut masih terbilang sedikit dari kebutuhan anggaran seluruhnya yakni sekira Rp20 miliar. Untuk itu, pihaknya berjanji akan ada peningkatan anggaran agar penyelesaian pekerjaan jalan dapat segera dipacu.

"Anggaran sebesar Rp 2 miliar ini baru tahap awal, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar agar target penyelesaian dapat dicapai," tandasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "WAGUB SULSEL MINTA SEGERA BUKA JALUR ALTERNATIF PANGKEP - BONE"