Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UPAH DIBAWAH UMK, DPRD USULKAN KENAIKAN UPAH PETUGAS KEBERSIHAN PANGKEP

Upah petugas kebersihan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel selama ini gajinya di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK) yakni hanya dibayarkan Rp.65 Ribu perhari atau jika dikalikan 30 hari maka para pekerja Dinas kebersihan tersebut hanya menerima Rp.1,9 juta per bulan jauh dari UMK 2018 yang telah ditetapkan oleh Pemkab Pangkep yakni sebesar Rp.2,7 Juta per bulan atau sekitar Rp.90 Ribu perhari

Padahal peran para petugas kebersihan ini sangat berjasa pada keindahan kabupaten Pangkep sehingga mendapat predikat kabupaten Adipura. hal inilah yang mendasari keprihatinan para anggota DPRD Pangkep Komisi III untuk mengusulkan kenaikan gaji para pahlawan kebersihan kabupaten Pangkep tersebut. dalam rapat pembahasan Rancangan Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019, Jumat (02/11/2019).

Hal ini diungkapkan oleh Nurbaini Lisa legislator Partai Golkar ia menyebutkan Upah petugas kebersihan ini sendiri direncanakan naik dikisaran Rp75 ribu hingga Rp90 ribu perhari. Atau naik Rp10 hingga Rp25 ribu dari upah sebelumnya yang hanya di angka Rp65 ribu perhari.

Adapun petugas kebersihan yang bakal menikmati upah tersebut termasuk juga supir mobil sampah, penyapu jalan, pembersih got, petugaa TPA sampai petugas kebersihan sungai.

"Ini masalah kemanusiaan. Sudah waktunya upah mereka naik, saya usulkan kenaikannya antara Rp10 ribu sampai Rp25 perhari perorang," kata Nurbaini Lisa.

Sementara itu, Anggota komisi III, Abdul Rauf berharap kesepakatan di komisinya tidak berubah di badan anggaran.

"Kami berharap semua pihak menerima dan sepaham soal kenaikan upah petugas kebersihan termasuk banggar. Karena hasil rapat pembahasan ini akan masuk ke banggar untuk dibahas kembali," pungkas Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Pangkep ini.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "UPAH DIBAWAH UMK, DPRD USULKAN KENAIKAN UPAH PETUGAS KEBERSIHAN PANGKEP"