Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TAK RAIH KABUPATEN SEHAT, BUPATI PANGKEP SOROTI KINERJA PARA OPD

Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid, nampak kecewa dengan kinerja para organisasi perangkat daerah (OPD) nya setelah tahun ini gagal meraih predikat sebagai kabupaten sehat, kekecewaan itu terlihat saat dalam pertemuan dan evaluasi program Kabupaten sehat yang dihadiri seluruh camat, pimpinan OPD terkait, para Kepala Puskesmas lingkup Pemkab Pangkep, Rabu (14/11/2018).

Syamsuddin menilai beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat dalam program Kabupaten Sehat belum menunjukkan inovasi. sehingga tahun ini Pangkep gagal meraih predikat kabupaten sehat, olehnya itu dia meminta keseriusan pimpinan OPD, yang menurutnya tidak kelihatan sejak program ini dicanangkan pada awal tahun 2018.

"Kita sudah pernah dapat penghargaan dari program Kabupaten sehat ini. Tapi, itu bukan semata-mata hanya penghargaan saja yang dikejar, melainkan aktualisasi sejatinya program ini diluncurkan, untuk masyarakat. Jangan berfikir hanya untuk mempertahankan penghargaan ini, fikirkan bagaimana meningkatkan program ini, melalui inovasi yang betul betul menyentuh kesadaran masyarakat,"tandas Syamsuddin, Rabu (14/11/2018).

Dari sembilan indikator yang di persyaratkan dalam meraih kabupaten sehat tersebut tim penilai menganggap Pangkep belum memenuhi kriteria tersebut, hal ini menurut syamsuddin dikarenakan keseriusan pimpinan OPD, yang menurutnya tidak kelihatan sejak program ini dicanangkan pada awal tahun 2018. Oleh karena itu Syamsuddin memerintahkan kepada Sekda Kabupaten Pangkep, Jumliati untuk melakukan pengawasan ke masing-masing OPD. Syamsuddin mewanti-wanti agar predikat Kabupaten Sehat wajib diraih tahun depan.

Sembilan tatanan Kabupaten Sehat yaitu kawasan permukiman, warana dan prasarana umum, kawasan sarana lalulintas tertib dan pelayanan transportasi, lawasan industri dan perkantoran yang sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi dan kehidupan sosial yang sehat.

"Tidak bisa program besar kita capai kalau hal sekecil ini kita tidak bisa hadapi. kalau kita serius dan merasa bertanggung jawab yakinlah kita bisa capai dan tidak mungkin kita gagal. Yang jelas pada initinya tidak ada alasan kabupaten sehat tidak kita raih kembali," tegasnya.

Ia juga menegaskan akan memberi sanksi kepada dinas terkait yang terlibat dalam program Kabupaten sehat ini, jika terdapat adanya dinas yang tidak serius dan lalai dalam amanah yang diberikan.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "TAK RAIH KABUPATEN SEHAT, BUPATI PANGKEP SOROTI KINERJA PARA OPD"