Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RIBUAN APK CALEG DI JALAN POROS TRANS SULAWESI PANGKEP DITERTIBKAN


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkep, bersama Bawaslu Pangkep dan Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep, di dampingi oleh Polres Pangkep melakukan penertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) sepanjang jalang poros Trans Sulawesi Pangkep-Makassar, Senin (12/11/2018).

Penertiban tersebut, sesuai dengan hasil rapat koordinasi yang juga menghadirkan perwakilan Parpol, Bawaslu, Satpol PP dan Kepolisian, per tanggal 9 November 2018 lalu serta berdasarkan surat dari Bawaslu per tanggal 10 November 2018.   

"Semua APK yang tidak sesuai dengan ketentuan PKPU itu kita tertibkan bersama Satpol PP dan Bawaslu Pangkep," kata Komisioner KPU Pangkep, Saiful Mujib.


Pantauan awak media Satpol PP Ribuan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif (Caleg) dan calon presiden (Capres) yang terpasang di sepanjang Jalan Poros Pangkep-Maros-Barru, baik itu baliho, spanduk, yang terpasang di pinggir jalan ,Banner yang terpaku di pohon dicabut . APK ini selanjutnya disita karena tidak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan PKPU 23 tentang kampanye, APK peserta pemilu dicetakkan oleh KPU.

"Rujukannya yaitu PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang kampanye. APK yang tidak dicetak oleh KPU berdasarkan desain dan ukuran harus ditertibkan. Sementara menurut Satpol melanggar Perda yang mengatur tentang pemasangan reklame," tegas Ketua Bawaslu Pangkep, Samsir Salam, usai penertiban dan pencabutan APK, Senin (12/11/2018).


Menurut Syamsir, pencabutan dan penyitaan APK dilakukan mulai dari perbatasan Kabupaten Pangkep-Maros sampai ke batas Pangkep-Barru. Jenisnya antara lain baiho, spanduk maupun banner yang terpasang dipinggir jalan.
Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Pangkep, Syamsuria Syam mengaku mendukung penertiban ini karena sejumlah APK memang terpasang di zona merah.

"Kota punya zona merah pemasangan reklame. Nah ini APK caleg dan capres terpasang di zona merah jadi kami mendukung dan ikut penertiban ini," tukasnya.

Rencananya, razia terhadap APK yang terpasang diluar lokasi yang dibolehkan akan kembali dilakukan oleh petugas.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "RIBUAN APK CALEG DI JALAN POROS TRANS SULAWESI PANGKEP DITERTIBKAN "