Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MINIM ARMADA KAPAL, POLAIRUD POLRES PANGKEP KEWALAHAN PATROLI DILAUT

Petugas Polisi Air Kepolisian Ressor (Polres) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, hingga kini masih kewalahan menangkap kapal-kapal penangkap ikan ilegal fishing di sepanjang perairan laut Pangkep yang cukup mencapai 11.464,44 km². namun jumlah armada kapal yang dimiliki saat ini masih sangat minim dan sudah kurang layak.

Kepala Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Satpol Airud) Polres Pangkep, AKP Ridwan Saenong mengungkapkan, untuk kegiatan patroli di wilayah perairan Pangkep yang cukup luas pihaknya sangat kesulitan. Kapal patroli jenis C2 dan C3 milik satpol airud Polres Pangkep tidak bisa diandalkan untuk mengarungi luas perairan hampir 12 ribu kilometer persegi dengan ratusan pulau. Selain persoalan jenis kapal yang kecil, pemakaian bahan bakar yang boros juga menjadi beban bagi polisi.

Ridwan juga menuturkan, kondisi tiga kapal patroli mereka yang sudah tidak layak. untuk itu Ia mengusulkan agar ketiga kapal tersebut diganti dengan kapal baru.

"Kapal yang kita punya sekarang ini sudah tidak layak semua. Kami sudah usul kepimpinan untuk diganti dengan kapal yang lebih besar, kalau bisa yang di atas 100 GT (grosston)," kata Ridwan

Usulan ini juga disampaikan Ridwan kepada tim Puslitbang Mabes Polri yang berkunjung ke kantornya. Ia berharap usulan tersebut sampai kepada pemangku kebijakan agar penegakan hukum di laut bisa terwujud.

Selain persoalan armada kapal patroli faktor bahan bakar jenis bensin menjadi kendala di wilayah kepulauan Pangkep sebab jenis BBM bensin sangat susah ditemukan di wilayah pulau untuk itu ia juga berharap kapal baru nanti berbahan bakar Diesel, karena pihaknya kerap kesulitan mencari bensin di pulau-pulau saat patroli di wilayah terluar.

"Kalau solar kan bisa beli di pulau, rata-rata pulau ada penjual solarnya karena semua kapal nelayan juga pakai solar. Kalau penjual bensin tidak ada," ujarnya.

Usulan ini mendapat dukungan dari Kapolres Pangkep, AKBP Tulus Sinaga. Apalagi menurutnya dengan luas wilayah laut Kabupaten Pangkep, dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk melindungi dari perbuatan melanggar hukum.

"Ide bagus (pergantian kapal patroli). Kalau bisa diganti yang lebih baik, wah senang sekali. Apalagi laut kita yg sangat luas," pungkasnya.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "MINIM ARMADA KAPAL, POLAIRUD POLRES PANGKEP KEWALAHAN PATROLI DILAUT "