Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEREN, BEGINI PENAMPAKAN KAPAL AMBULANCE LAUT UNTUK PULAU PANGKEP

Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof. Nurdin Abdullah segera meluncurkan Ambulans Laut canggih jenis Speed boad di Kabupaten Pangkep untuk melayani masyarakat kepuauan utamanya masyarakat kepulauan terluar Pangkep yang minim sarana dan prasarana kesehatan. Peluncurannya pun rencananya akan dilakukan di Kabupaten Pangkep.

Nurdin Abdullah pun tengah mencari waktu tepat untuk meluncurkan layanan darurat bagi warga pulau tersebut. namun yang jelas akan di luncurkan pada akhir desember 2018 ini. hal ini diungkapkan oleh Direktur Perusda Provinsi Sulsel Taufik Fachruddin yang merupakan adik kandung istri gubernur Sulsel tersebut

"Mungkin pertengahan Desember. Paling lambat akhir Desember 2018. Doakan semoga semuanya lancar. Kita persembahkan layanan ambulance laut ini untuk masyarakat kita dipulau yang minim pelayanan kesehatan saat ini,"ujar Taufik via telepon.

Taufik menambahkan, proses perakitan ambulans laut tersebut kini telah memasuki tahapan finishing panjangnya sekitar 13 Meter. ia mengatakan untuk sementara ini rekanan pelaksana sedang fokus melakukan pemasangan asesoris dan peralatan alat medis di Ambulance Laut tersebut.

"Tidak lama lagi Ambulance sudah siap di launcing," kata taufik putra kelahiran Pangkep tersebut.

Adapun pengadaan Ambulance Laut ini digelontorkan dari anggaran APBD provinsi Sulsel sebesar Rp  1.8 miliar. Untuk tahap awal tahun 2018 ini Pangkep akan mendapatkan 1 unit speed boat ambulance laut tersebut.

Ambulance Laut tidak sekadar angkutan masyarakat yang sedang sakit, namun ini juga dapat menamgani pasien yang darurat, seperti jantung dan melahirkan. Adapun alat kesehatan yang diadakan kata Taufik yakni alat standar kesehatan, serta cek Jantung. Namun unggulnya lagi, diatas Ambulance Laut ini bisa melayani ibu hamil.
Gambar dan Spesifikasi Ambulance Laut
Sebelumnya diberitakan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan telah mengalokasikan anggaran pengadaan satu unit ambulance laut senilai Rp1,8 miliar tahun ini. seperti disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Dinas Kesehatan Sulsel Bachtiar Baso yang mengaku telah menganggarkan satu unit ambulance laut untuk pelayanan di kesehatan di pulau-pulau yang sulit terjangkau.

"Satu dulu namun di anggaran pokok 2019 akan di tambah. Satu ini dulu kita mau anggarkan 1,8 M. Kita mau lihat apakah ini cukup untuk melayari pulau-pulau dengan kondisi angin kencang, hujan lebat. Jangan sampai kita anggarkan itu tidak di manfaatkan sepenuhnya." terang Bachtiar.

Pejabat sementara Sekdis Kesehatan ini akan menempatkan unit ambulance laut pertama itu di Kabupaten Pangkep. dengan melengkapi Tenaga kesehatan yang akan ditugaskan di ambulance laut adalah dari Fakultas Kedokteran Unhas untuk menjamin keterlibatan tenaga kesehatan yang profesional.

"Yang pasti penggunaan ini harus tepat guna, tepat sasaran. Tidak ada gunanya ambulance laut kalau tidak ada isinya orang-orang akan bekerja diatasnya. Oleh karenanya Fakultas Kedokteran kerjasama dengan Dinas kesehatan. Fakultas Kedokteran insya allah akan menyanggupi mengisi dokter diatas ambulance laut." tambahnya.

Ambulance laut ini, lanjutnya akan di prioritaskan pelayanan kesehatan di daerah pulau-pulau.

"Saya kira kita akan lihat daerah-daerah terpencil. Daerah-daerah kepulauan yang belum terjangkau pelayanan kesehatan, karena jujur sebenarnya ini untuk mendekatkan akses pelayanan daerah kepulauan seperti Pangkep, Selayar termasuk Makassar dan Sinjai." Tutupnya.

Muja salah seorang warga Pangkep mengaku kagum dengan jiwa kenegaraan yang dimiliki Nurdin Abdullah pasalnya menurut dia Nurdin Abdullah betul betul memikirkan kepentingan masyarakat yang urgen tanpa melihat dari sisi politik masa lalu dimana di pulau terjauh Pangkep tersebut Nurdin Abdullah kalah dalam perolehan suara.

"Saya salut dengan beliau, meski kalah di daerah tersebut, justru yang diprioritaskan di berikan bantuan pertama di Pangkep adalah pulau terluar Pangkep, yang memang saat ini membutuhkan perhatian ekstra utamanya dari segi kesehatan dimana untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai masyarakat pulau terluar pangkep harus menempuh 24 sampai 30 jam untuk tiba dimakassar" Ucap Muja yang memuji jiwa kenegarawan Nurdin Abdullah.
ilustrasi

(AM-KP)

Posting Komentar untuk "KEREN, BEGINI PENAMPAKAN KAPAL AMBULANCE LAUT UNTUK PULAU PANGKEP"