Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HABISKAN 400 JUTA, TIANG LISTRIK PANDANG LAU TAK MEMENUHI STANDAR PLN

Sebanyak 200 Warga Kampung Pandang Lau, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun (Pangkep), mengeluhkan hingga saat ini masih terisolir jaringan listrik di kampung mereka belum tersedia. padahal pada tahun 2014 lalu Pemerintah kabupaten Pangkep telah menganggarkan sarana pemasangan listrik di Kampung Pandang Lau, arana yang dimaksud adalah tiang dan kabel dengan anggaran sebesar Rp 400 juta.

"Kami sangat kecewa dengan pemerintah yang pernah datang kesini menjanjikan listrik. Tetapi sampai sekarang kami belum rasakan manfaatnya," tukas Kahar, salah satu warga kampung Pandang Lau, Selasa (06/11/2018).

Dia mengaku saat tiang listrik dibangun di Kampungnya, warga Pandang Lau sangat senang. Tapi ternyata bangunan tiang listrik tersebut berhenti, dan aliran listrik tak kunjung ada hingga saat ini.

Mantan Legislator DPRD Pangkep Muhammad Saleh mengaku tak sekali menyuarakan kegelapan warga Pandang Lau di DPRD Pangkep, maupun di Pemkab Pangkep dan PLN Rayon Pangkep namun belum juga digubris oleh pihak PLN. 200 KK (kepala keluarga) di Pandanglau cuma pakai genset, tenaga surya dan lampu minyak selama ini,

"DPRD Pangkep sudah mengupayakan 400 tiang dan kabel di sana waktu itu, sudah sampai dan jadi mi, Itu kabel dan tiang sejak 2014 jadi, tahun 2015 itu rencananya sudah action tapi belum ada aliran listriknya sampai hari ini,"  tutur mantan ketua PDIP Pangkep yang saat ini sudah hijrah ke Partai Golkar Pangkep.

Dari Pantauan awak media sebagian dari tiang listrik besi yang belum digunakan tersebut sudah mulai rusak sealin sudah ada yang keropos dan berkarat juga sudah ada yang miring dan nyaris roboh ke pematang empang. di duga pengerjaan tiang listrik tersebut tak memenuhi standar layak guna PLN.

Sementara itu, Staf Distribusi Kantor PLN Rayon Pangkep, Awal, mengatakan bahwa di lokasi dimaksud memang telah berdiri tiang listrik. Namun, pembangunan tiang dan pengadaan kabel yang dilakukan Pemkab Pangkep tersebut bukan berasal dari PLN. dan tidak memenuhi standar layak pakai yang telah di tentukan PLN. serta tidak memiliki sertifikat SLO sebagaimana yang di persyaratkan PLN

Selain faktor tian dan kabel listrik yang tidak memenuhi standar PLN, faktor akses jalan juga mempengaruhi tidak terwujudnya penerangan listrik di Pandang Lau menjadi pertimbangan PLN Rayon Pangkep tidak menyambungkan aliran listrik kedaerah tersebut, alasannya sulit melakukan maintanance dan pemeliharaan sarana listrik jika terjadi kerusakan di daerah tersebut.

Diketahui Kampung Pandang Lau, Kelurahan Tekolabbua, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun (Pangkep) adalah daerah yang terisolir dari listrik dan akses jalan satu-satunya para warga hanya menggunakan akses jalan laut dan sungai menggunakan transportasi perahu untuk menuju kota pangkajene, sementara untuk jalur darat warga hanya bisa berjalan kaki melalui pematang empang saja

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "HABISKAN 400 JUTA, TIANG LISTRIK PANDANG LAU TAK MEMENUHI STANDAR PLN"