Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DUA PEKAN OPERASI ZEBRA POLRES PANGKEP TILANG 625 KENDARAAN

Pelaksanaan Operasi Zebra 2018 selama 14 hari yang yang digelar serentak di seluruh Indonesia sejak tanggal 30 Oktober-12 November 2018, telah berakhir. Pada masa Operasi Zebra tersebut Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) sedikitnya mengamankan 625 pelanggar baik roda dua maupun roda empat.

Kepala Satuan Lalu lintas Polres Pangkep, AKP Fitriawan mennyebutkan selama operasi zebra sebanyak 625 pelanggar yang terjaring dan didominasi oleh pengendara roda dua seperti pelanggaran tidak menggunakan helm, safety belt dan pengendara di bawah umur, diantaranya ditindak tilang dan kendaraannya disita, dengan rincian roda dua 58 unit dan roda empat 2 unit.

"Selama 14 hari ini kita lakukan operasi dengan penindakan kriteria yakni savety belt, helm, lawan arus, mabuk dan yang menggunakan handphone saat berkendara. Totalnya itu 625 orang yang kena tilang dan didominasi roda dua, Kendaraan itu disita atau diamankan lantaran saat terjaring, pengendara tidak mampu memperlihatkan dokumen kendaraanya" kata Kasatlantas Polres Pangkep, AKP Fitriawan di Pangkajene, Selasa (13/11/2018).

Dalam hal pembayaran penilangan Fitriawan mengungkapkan bahwa untuk saat ini penilangan menggunakan sistem online, dimana para pelanggar langsung membayarkan denda tilang mereka melalui bank yang ditunjuk.

Fitriawan mengklaim, perbandingan operasi zebra 2017 dan 2018 menurun menjadi 625 tilang. dimana tahun sebelumnya yang mencapai 800 pelanggar lalulintas

"Dibanding tahun lalu itu, tahun ini menurun karena memang kita berikan efek jera kepada pelanggar dan memberikan imbauan agar selalu tertib lalu lintas," jelasnya.

Tujuan dari pelaksanaan Operasi Zebra, kata Fitriawan, guna mewujudkan dan memelihara keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Dalam Operasi Zebra, terdapat tujuh prioritas penindakan diantaranya fokus pada pengemudi menggunakan hand phone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawa umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau dalam pengaruh miras dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "DUA PEKAN OPERASI ZEBRA POLRES PANGKEP TILANG 625 KENDARAAN"