Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BKPSDM PANGKEP MASIH MENUNGGU DAFTAR DAN JADWAL SKB CPNS 2018

Sejumlah instansi pemerintah pusat sudah mengumumkan nama-nama peserta tes CPNS 2018 yang lolos ke tahap SKB (seleksi kompetensi bidang) hari ini. Namun hingga saat ini di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulsel belum menerima jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Rencananya Pengumuman peserta CPNS yang lolos seleksi, dijadwakan berlangsung serentak hari ini. Sekertaris BKPSDM Pangkep, Fharmawaty mengatakan saat ini tengah dilakukan rekon data kelulusan di BKN Pusat. Ia menyebutkan, saat ini sedang dilakukan rekon data kelulusan di BKN pusat, Hotel Bidakara Jakarta.

"Belum ada info dari BKN karena yang peringkat itu BKN jadi instansi daerah hanya menunggu, Jadi nanti hasilnya diumumkan melalui panselnas dan portal masing-masing pemerintah daerah. Semuanya satu pintu lewat BKN pusat, " ujarnya di Pangkajene, Jumat (30/11/2018).

Diberitakan sebelumnya, dari peserta yang mengikuti tes mencapai 7.228 orang hasil tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS di Pangkep hanya meloloskan 106 orang peserta dinyatakan lolos setelah nilai tesnya memenuhi ambang batas (passing grade) yang sudah ditetapkan, padahal Pangkep sendiri telah menyiapkan sebanyak 471 formasi CPNS 2018

Sekadar diketahui, BKN telah melakukan lakukan empat tahap (level) verifikasi dan validasi. Hal itu dilakukan supaya tidak ada kesalahan dalam memilih peserta yang dinyatakan lolos SKD CPNS 2018 dan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2018.

Pada tahap IV dan III verval dilakukan oleh pejabat pratama BKN. Kemudian pada verval tahap II dipegang langsung oleh deputi (eselon I) di BKN. Dan terakhir pada tahap I merupakan persetujuan atau approve dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, Panselnas harus berhati-hati menetapkan nama-nama yang lolos ke tahap SKB. Khususnya untuk kelompok kedua, yakni mereka yang disaring dari hasil pemeringkatan. Kelompok kedua ini muncul karena di formasi tersebut tidak ada satupun pelamar yang lolos passing grade (PG).

Panselnas tidak ingin ada pelamar yang seharusnya tidak lolos perangkingan, malah masuk perangkingan. Atau sebaliknya. Pelamar tidak lolos perangkingan, padahal memenuhi kriteria.

"(proses pemeringkatan, Red) di Panselnas pengawasannya berlapis," jelas Setiawan. Di antaranya melibatkan tim penjaminan mutu kualitas, tim auditor teknologi, dan lainnya. Jadi, dia menegaskan, proses pemeringkatan memang butuh waktu.

Terkait dengan kapan batas pemeringkatan tersebut, Setiawan mengatakan secepatnya harus sudah selesai. Dia berharap akhir bulan ini juga proses pemeringkatan selesai. Panselnas juga mengumumkan kelulusan ke tahap SKB akhir November ini juga. "(Peserta SKB diumumkan, Red) Tanggal 28, 29, 30 November. Kurang lebih tanggal-tanggal itu," jelasnya.

Dengan demikian, proses SKB bisa mulai digelar awal Desember sesuai perkiraan Panselnas. Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadwalkan pelaksanaan SKB bisa dimulai sejak 1 Desember untuk tes yang menggunakan komputer sekolah. Sedangkan SKB di komputer milik BKN pusat dan perwakilan BKN di daerah bisa digelar mulai 4 Desember. Proses SKB untuk instansi daerah murni model ujian tulis berbasis komputer.

Adapun test Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) meliputi:

1.Test Psikologi

2.Test Substansi, terkait dengan jabatan yang dilamar di instansi masing masing

3.Tes Potensi Akademik

4.Wawancara Akhir

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "BKPSDM PANGKEP MASIH MENUNGGU DAFTAR DAN JADWAL SKB CPNS 2018"