Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN, RSUD PANGKEP BELAJAR PSC 119 DI BANTAENG


Pemkab Pangkep Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kaji banding ke Kabupaten Bantaeng seputar penerapan Public Safety Center (PSC) 119, Jumat (19/10/2018) kemarin. Rombongan dipimpin langsung oleh Direktur RSUD Pangkep, Annas Ahmad dengan memboyong tim yang terdiri dari 63 orang.

"Keberadaan PSC di Bantaeng sudah berjalan secara terpadu, sedangkan kami baru berjalan 3 bulan. Ibaratnya kami masih seumur jagung. Maka dari itu kami datang untuk meminta oleh-oleh pemahaman tentang PSC di Bantaeng", ujarnya.


Dia mengatakan dirinya bersama rombongan ingin mengetahui bagaimana sistem perekrutan dan penggajian tenaga yang ada di PSC 119.

"Tim ini bersemangat untuk datang ke Bantaeng guna memenuhi kebutuhan masyarakat Pangkep akan pelayanan kesehatan yang baik" Terangnya

Selain itu termasuk penganggaraan sarana dan prasarana PSC 119 yang sudah berjalan sekitar 10 tahun di Bantaeng.

Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Syamsul Suli yang didampingi Kadis Kesehatan, dr Andi Ihsan, menerima rombongan secara resmi.


Pada kesempatan tersebut dia memberi gambaran terkait perkembangan PSC dari awal dibentuk, hingga sampai pada saat ini. Hal yang terpenting dari pemanfaatan PFC adalah menggunakan line telpon 119 bebas pulsa,  yang nantinya akan dihubungkan ke NCC (National Call Centre) , yang kemudian meneruskan ke PSC yang ada disetiap Pelosok melaui HP Android.

Apabila ada masyarakat  yang informasikan melalui  119, dari system akan teruskan ke NCC selanjutnya akan menghubungkan dengan PCC yg ada disetiap Kabupaten.

Tidak semua kondisi darurat dapat dilayani oleh PSC 119. Namun Ada 9 kriteria yang mendapat  pelayanan PSC,  seperti Sakit yang tidak tertahan,  hilang daya ingatan,  hamil pendarahan,  lumpuh, dan lain lain. 

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN, RSUD PANGKEP BELAJAR PSC 119 DI BANTAENG"