Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANGKEP SABET PENGHARGAAN PROKLIM 2018 KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP

Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan masuk salahsatu penerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) tahun 2018 dari Pemerintah pusat. Rencananya Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, pada Rabu 24 Oktober 2018 mendatang di Jakarta. Selain Kabupaten Pangkep, di Sulawesi Selatan sendiri ada 12 kabupaten yang mendapat penghargaan serupa, yang nantinya akan diterima langsung masing masing kepala daerah.

Penghargaan dari Kementerian LHK tersebut diberikan setelah menilai Pemkab Pangkep berhasil membina dan secara aktif melaksanakan ProKlim utama 3 dusun untuk kampung ProKlim yakni dusun Tamanroja, Desa Batara kecamatan Labakkang. Kemudian dusun Pitue Desa Pitue, Kecamatan Ma’rang, dan Dusun Alekarajae Desa Padanglampe Kecamatan Ma’rang.

"Alhamdulillah kita dianggap berhasil membangun kampung dengan iklim yang sejuk dan memiliki penghijauan yang asri tetap terjaga, Insya Allah rencananya pak bupati yang akan menerima. " kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkep, Agussalim di Kantor Bupati, Kamis (18/10/2018).

Dikatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Pangkep untuk memperbaiki desa-desa yang ada agar bisa menjaga lingkungan, apa yang telah dicapai sebagai bukti Pangkep juga memiliki desa-desa yang masih terjaga keasriannya.

“Kami mengajak masyarakat di seluruh desa dimana saja, untuk membangun kampungnya, dengan harapan seluruh desa di Pangkep menjadi desa yang nyaman dikunjungi, Sehingga diharapkan bisa diikuti desa-desa lain," ujar Agussalim.

Karena itu, selain masyarakat, perusahaan yang beroperasi di Rohil juga diminta ikut membimbing desa-desa yang ada di sekitar wilayah operasionalnya dalam upaya menuju desa bersahabat dengan lingkungan.

Dikatakan, Proklim mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya Kampung Iklim melalui pengayaan inovasi program adaptasi maupun mitigasi perubahan iklim yang dilaksanakan secara kolaborasi antara pemerintah dan jajaran masyarakat.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "PANGKEP SABET PENGHARGAAN PROKLIM 2018 KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP"