IKLAN

KALIBBONG ALOA THE HIDEN PARADISE DI MINASATENE PANGKEP

Karst Gua Kalibboang Aloa adalah kawasan destinasi wisata minat khusus yang menawarkan keindahan ornamen goa dalam perut bumi yang begitu menakjubkan dan membuat para pengunjungnya terkagum kagum akan keindahan yang ada dilam goa tersebut.

Goa Kalibbong Aloa ini berada di Kampung Belae Kelurahan Biraeng Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Kallibong Aloa merupakan salah satu gua terindah yang terdapat di kawasan Karst Pangkep. 


Nama Kallibong Aloa sendiri diberikan oleh warga setempat karena goa tersebut merupakan tempat bertelurnya tiap tahun burung Alo (Burung Ranggong) di sekitar mulut goa

Perlu waktu sekitar setengah jam mendaki, Jika ingin memasuki mulut Goa Kalibbong Aloa, kalian harus mendaki terlebih dahulu dengan ketinggian sekitar kurang lebih 40 meter dan tingkat kecuraman hampir 90°. Selepas kalian mendaki, akan terbayar lunas apabila melihat pemandangan dari sana.


Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini sebelum memasuki mulut goa anda juga akan disuguhi dengan pemandangan eksotik lainnya dengan menyaksikan Towwer Karst berjejer rapi menjulang kelangit langit goa, dan hamparan sawah yang indah

 Batu Pelaminan

Sebagian ada yang telah membentuk pilar, sebagian juga ada yang menjadi bentuk-bentuk yang unik, beberapa di antaranya stalagmit berbentuk ibu menggendong anaknya dan ornamen berbentuk seperti pelaminan pengantin.

Pemandangan di dalam gua tidak kalah menarik, Stalagtit (ornamen yang  mengarah turun) dan stalagmit (ornamen yang mengarah ke atas) masih tumbuh dengan tetesan airnya terlihat indah sekali. Di sejumlah sisi lain di dalam gua, terlihat ornamen-ornamen lain dan dinding gua yang dipenuhi dengan kilauan menyerupai kristal-kristal kecil.


Sebagian ada yang telah membentuk pilar, sebagian juga ada yang menjadi bentuk-bentuk yang unik, beberapa di antaranya stalagmit berbentuk ibu yang sedang berdoa dan ornamen berbentuk seperti pelaminan pengantin. dan bentuk bentuk lainnya membuat kita betah didalamnya.

Patung Ibu Berdoa

Didalam Perut Gua Juga mengalir sungai suangai yang airnya sangat jernih dan dingin sehingga para pengunjung makin menikmati eksotik dalam goa


Jadi Wajarlah kalau Melihat keindahannya, tidaklah salah Gua Kallibong Aloa disebut sebagai The Hidden Paradise (Surga tersembunyi di kawasan Karst Pangkep).

Berikut Foto Foto Keindahan Ornamen Goa Kalibbong Aloa Minasatene Pangkep :

 Laba Laba Khas Goa Leang Aloa

Batu Mirip Dua Sejoli Yang Lagi Berpelukan

Batu Mirip Orang Lagi Shalat dan Mengarah Kiblat

Tiang Penyanggah Goa yang putih bersih dilapisi Ornamen Permata

Dengan hawa dingin dari dalam goa serta putihnya batu kristal, serasa kita tidur di musim Salju, bagai diluar negeri

Video expedisi tim Ewako (Eko Wisata Kars & Agro) Pangkep menelusuri keindahan Kalibbong Aloa

(ADM-KP)


AYO SEBARKAN BERITA INI KE:

Disarankan Untuk Anda:

loading...

2 Responses to "KALIBBONG ALOA THE HIDEN PARADISE DI MINASATENE PANGKEP "

  1. Berita yang sangat Unik dan bisa mendongkrat minat berwisata di Pangkep.

    BRAVO!

    ReplyDelete
  2. Saya pernah kesana, ada satu yg sangat disayangkan karna kurangnya perhatian pemerintah dengan kondisi tempat trsebut.
    Saat saya kesanakesana sama sekali tidak ada petunjuk jalan, dari pintu masuk sampai jalan menuju gua nya pun sangat tidak nyaman, bahkan saya kira tempat itu sudasudah ditutup karenakarena di di palang dgn dua kayu besar dan sepertinya itu di sengaja, karena masih penasaran yah saya lewati saja apapun yg trjadi itu urusan di belakang, cukup mendaki ringan dan taaddaaa I cen see the paradise.sebenarnya kita semua bisa menikmati keindahan itu tanpa harus takut karena ada sebuah spanduk besar disana yg menjelaskan bahwasanya di tempat itu disediakan sefti dan pemandu tapi kenyataannya.

    ReplyDelete