Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JALUR REL KERETA API PANGKEP MAROS AKAN MULAI DIKERJA TAHUN DEPAN

Kementerian Perhubungan RI memastikan akan melanjutkan pengerjaan jalur kereta api tahap ketiga meliputi Pangkep-Maros. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur Kementerian Perhubungan RI, Nur Setiawan mengungkap, pengerjaan jalur Pangkep-Maros akan dimulai pada tahun depan. Bahkan pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp2,9 triliun untuk jalur sepanjang 64 Kilometer.

“Sekarang sedang dilakukan pembebasan lahan, itu masih berproses. Jadi hingga akhir tahun ini mudah-mudahan proses pembebasan lahan bisa selesai,” kata Nur ditemui usai menemui Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, di Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, beberapa waktu lalu.

Ia membeberkan, tahap 1 dan 2 meliputi jalur Barru-Parepare dan Barru-Pangkep, progresnya dan pembebasan lahan sudah mencapai 90 persen.

“Tahap 1-2 itu jalurnya sepanjang 47 km dengan penggunaan anggaran Rp2,3 triliun, sementara tahap 3 itu 64 Km jadi total 111 Km. Target pengerjaan 2020 sudah bisa digunakan , untuk tahap 1,2 dan 3,” paparnya.

Terdapat tujuh kecamatan yang akan dilalui jalur KA. dengan luas lahan keseluruhan 2.087.534 meter persegi. Dengan rincian, luas lahan bidang 2.015.556 meter persegi, luas lahan pasum/pasos 71.978 meter persegi. Ketujuh kecamatan itu, yakni Kecamatan Mandalle, Segeri, Ma’rang, Labakkang, Bungoro, Pangkajene, dan Minasatene.

Sementara itu Sekertaris BPN Pangkep, Rasyid Sarehong, mengharapakan Pihak kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Pangkep yang dilalui pembangunan rel kereta api agar membantu mensosialisasikan kepada masyarakat pemilik lahan.

Rasyid juga menyebutkan bahwa tim independen apresial sebagai tim taksir harga juga sudah bekerja untuk menaksir lahan yang masuk proyek pembangunan rel KA. Hasil taksiran harga lahan masing-masing akan diumumkan kepada masyarakat setelah memasukkan berkas alas hak kepemilikan lahan.

“Setelah administrasi kepemilikan lahan rampung, dan diverifikasi. Tim apresial yang merumuskan atau menaksir harga lahan itu, sesuai potensi lahan tersebut.,”pungkasnya

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "JALUR REL KERETA API PANGKEP MAROS AKAN MULAI DIKERJA TAHUN DEPAN"