Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DPRD SOROTI KINERJA OPD YANG TAK SESUAI DENGAN VISI MISI BUATI PANGKEP

Memasuki tahun keempat Pemerintah Kabupaten Pangkep priode 2015-2020, Juru bicara Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Andi Amir Amin mengungkapkan, capaian visi dan misi belum terlihat meyakinkan. Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Pangkep yang menyayangkan rencana kegiatan Organisai Perangkat Daerah (OPD) banyak yang tidak sesuai visi misi Bupati

Dalam usulan rancangan peraturan daerah rencana anggaran dan perencanaan belanja daerah (APBD) 2019 yang diusulkan OPD, banyak usulan belanja modal di sembilan OPD yang tidak masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) atau visi misi Syamsuddin Hamid - Sahban Sammana sebelumnya.

Padahal menurut Amin, mestinya ditahun keempat pemerintahan Bupati Syamsuddin A Hamid dan Wabup Syahban Sammana, seluruh OPD harus fokus dalam mewujudkan RPJMD yang bukan hanya kewajiban tapi juga janji politik pemerintah yang harus tuntas.

"Seharusnya RAPBD 2019 yang merupakan tahun keempat bupati, difokuskan pada penuntasan visi misi seperti menjamin ketersediaan air bersih, pelatihan keterampilan, rumah layak huni dan pengadaan alat transportasi laut," kata Amir saat membacakan pandangan umum Fraksi Partai Demokrat, Kamis (25/10/2018).

Ia menegaskan, RPJMD merupakan produk hukum yang menjadi acuan pemerintah bersama DPRD untuk menyusun anggaran. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh anggota dewan agar dalam rapat-rapat pembahasan RAPBD ditingkat komisi agar menolak usulan yang tidak ada dalam RPJMD.

"Jangan sampai kita setujui usulan yang tidak ada dalam RPJMD," ucapnya.

Kepala Bappeda Pangkep, Abdul Gaffar tak membantah hal itu. Namun menurutnya, dokumen RAPBD tersebut sudah direvisi sehingga kegiatan yang tidak sesuai RPJMD sudah dihapus. Sayangnya, pihak Bappeda Pangkep belum mendistribusikan dokumen RAPBD 2019 hasil revisi. Ia menegaskan, pihaknya mustahil untuk mengusulkan kegiatan yang bukan visi misi pemkab.

Terkait perencanaan pembangunan, Gaffar menambahkan pihaknya intensif melakukan perbaikan dan pembenahan sistem perencanaan, penganggaran dan pengendalian kegiatan.

"Sebenarnya sudah sesuai RPJMD, direvisi terakhir. Hanya belum sempat didistribusikan. Kita tidak mungkin keluar dari dokumen-dokumen tersebut," ujar Gaffar saat dihubungi SINDOnews, Jumat (26/10/2018).

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "DPRD SOROTI KINERJA OPD YANG TAK SESUAI DENGAN VISI MISI BUATI PANGKEP"