Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BESOK 2 KOMISIONER TAMBAHAN TERPILIH KPU PANGKEP DILANTIK DI JAKARTA

Dua nama komisioner tambahan terpilih Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan  akan dilantik KPU RI di Jakarta, besok akan dilantik oleh KPU RI pada tanggal 16 Oktober di Jakarta.Kedua komisioner tabahan terpilih yang akan dilantik tersebut adalah Rohani dari kalangan pekerja sosial dan Saiful Mujib dari kalangan Jurnalis di Pangkep

Rohani dan Saiful Mujib akan dilantik bersama 22 komisioner terpilih lainnya di 11 Daerah kabupaten kota di Sulawesi Selatan Periode 2018-2023. Sesuai pengumuman KPU RI yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU RI bernomor 1256/PP.06-Pu/05/KPU/X/2018 yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman tertanggal 12 Oktober 2018.

Sebelumnya, Komisioner KPU Sulsel menggelar fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) untuk 72 calon anggota KPU kabupaten/kota yang berstatus tambahan tersebut selama dua hari, yakni 29-30 September lalu.

Saiful Mujib Komisioner tambahan KPU Pangkep terpilih mengatakan, rekrutmen untuk 11 kabupaten sudah selesai dilaksanakan. Susuai keputusan KPU RI, dua nama KPU Pangkep terpilih bersama 11 kabupaten lainnya di sulsel yang akan dilantik.

"Insya Allah besok dilaksanakan pelantikan di Jakarta, bersama Anggota KPU terpilih 11 kabupaten di sulsel ” ujarnya.

Senada dengan itu Rohani yang akrab di panggil nhany Rachman menyebutkan setelah pelantikan kata dia, komisioner terpilih akan mengikuti bimtek bersama KPU RI. Kemudian mereka sudah bisa langsung bekerja di kabupaten masing-masing.

“Mengingat tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan, tidak ada waktu lagi, setelah dilantik kami langsung bekerja," ungkapnya di Pasar sentral Pangkajene., disela sela membeli Pakaian kebaya  yang akan di Pakainya untuk pelantikan di Jakarta

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa jumlah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tingkat Kabupaten/Kota berjumlah lima orang. Ini menjadi simpulan putusan MK atas perkara nomor 31/PUU-XVI/2018.

Hakim Konstitusi menilai berdasarkan pengalaman 2004, 2009, dan 2014, penyelenggaraan pemilu tetap berjalan baik dan tidak terkendala meski jumlah anggota KPU Kabupaten/Kota berjumlah lima orang. Jumlah ini dipertimbangkan berdasarkan beban kerja para penyelenggara pemilu ditingkat daerah berdasarkan penyelenggaraan pemilihan pada 2019 yang akan digelar secara serentak.

Maka dari itu, wajar bila menambahkan sumber daya manusia. Sehingga tidak rasional jika mengurangi anggota KPU Kabupaten/Kota dengan alasan demi mengurangi beban anggaran pemilu serentak 2019.

Sekedar diketahui sebelum keputusan MK tersebut 3 komisioner KPU Pangkep telah dilantik yakni  Burhan, Saharuddin dan Sitti Aminah berdasarkan keputusanKPU RI No 685/PP.06-Kpt/05/KPU/VI/2018 tanggal 24 Juni 2018  lalu, tentang penetapan anggota KPU kabupaten/kota periode 2018-2023.

Berikut ini anggota KPU tambahan di 11 kabupaten/kota di Sulsel yang akan dilantik oleh Ketua KPU RI besok di Jakarta:

1. Kabupaten Bulukumba:
- Awaluddin
- Harum

2. Kabupaten Maros:
- Syaharuddin
- Meilany

3. Kabupaten Barru:
- Muhammad Natsir Azikin
- Abdul Syafah. B

4. Kabupaten Pangkajene Kepulauan:
- Saiful Mujib
- Rohani


5. Kabupaten Soppeng:
- Muhammad Hasbi
- Endra Irawati

6. Kabupaten Luwu Utara:
- Syabil
- Rahmat

7. Kabupaten Luwu Timur:
- Mulyanah Mulkin
- Muhammad Abu

8. Kabupaten Tana Toraja:
- Elis Bua Mangesa
- Intan Parerungan

9. Kabupaten Toraja Utara
:
- Simeon Sarira
- Anshar Tangkesalu

10. Kabupaten Takalar:
- Alimuddin, S.T.
- Muhammad Nur Arfah

11. Kabupaten Kepulauan Selayar:
- Andi Dewantara
- Mansur Sihadji, S.Km., M.Kes.

(ADM-KP )

Posting Komentar untuk "BESOK 2 KOMISIONER TAMBAHAN TERPILIH KPU PANGKEP DILANTIK DI JAKARTA"