Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

400 RIBU CPNS 2018 DINYATAKAN GUGUR, 2,5 JUTA DINYATAKAN LULUS BERKAS

Para pelamar CPNS 2018 masih menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi. Sesuai jadwal, pengumuman dilakukan Minggu (21/10/2018) hari ini. Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2018 rencananya diumumkan serentak Minggu (21/10/2018) di masing-masing instansi maupun di sscn.bkn.go.id

Hingga Sabtu (20/10/2018), kemarin Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) penerimaan CPNS 2018 sudah melakukan verifikasi berkas pelamar di sscn.bkn.go.id. BKN melansir kurang lebih 400 ribu pelamar disebut tidak mememenuhi syarat. Sementara itu sebanyak 2,5 juta pelamar dinyatakan lulus berkas.

Melalui akun twitter BKN, diumumkan bahwa jumlah pelamar yang lolos dan dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 2.529.364 pelamar. Pengumuman lolos tidaknya pelamar CPNS 2018 bisa diketahui dengan login kembali di sscn.bkn.go.id dan saat ini masih dinonaktifkan oleh BKN.

Bisa juga kalian mengunjungi ke website instansi masing-masing, Nantinya, peserta dapat melakukan pengecekan pengumuman nama peserta lolos seleksi administrasi CPNS 2018 melalui situs pendaftaran resmi CPNS 2018 sscn.bkn.go.id

Tahapan selanjutnya

Setelah dinyatakan lolos di seleksi administrasi, pelamar harus bersiap untuk mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Tes SKD ini terbagi menjadi tiga, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK). Adapun nilai ambang batasnya yaitu 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK.

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Tes tersebut mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdapat 3 aspek yang diuji, yaitu:
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  • Tes Intelegensia Umum (TIU)
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. Tes Inteligensia Umum (TIU)

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi.

Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan
secara sistematik. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi. Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

(ADM-KP)


Posting Komentar untuk "400 RIBU CPNS 2018 DINYATAKAN GUGUR, 2,5 JUTA DINYATAKAN LULUS BERKAS"