Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WOW KEREN, ADA PERAHU SEHAT PULAU BAHAGIA DI PUSEKESMAS SABUTUNG



Jauhnya jarak antara 1 pulau dengan pulau yang lainnya di Desa Mattiro Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kanja mendorong Puskesmas Pulau Sabutung mengambil inisiatif membuat program Perahu Sehat Pulau Bahagia Guna mendorong peningkatan derajat pelayanan kesehatan masyarakat Pulau pulau desa Mattiro Kanja, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan.

Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas Pulau Sabutung Pangkep, Sadik Taqwa, SKM saat melakukan kunjungan silaturrahmi dengan Kepala Laboratorium Administrasi dan Kebijakan Publik Fisip Universitas Sawerigading Makassar, Ahmad Syaikhu.

“Kegiatan Perahu Sehat Pulai Bahagai, menjadi salah satu terobosan di puskesmas pulau Sabutung guna menjemput pelayanan dengan mengunjungi langsung masyarakat yang tinggal di pulau dengan sarana transportasi yang relatif minim,” ungkap Kapus Pulau Sabutung

Program Perahu Sehat Pulau Bahagia ini dilaksanakan dengan mengunjungi pulau-pulau untuk lebih mendekatkan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat. Di atas perahu ada tenaga dokter, kesehatan masyarakat, bidan, perawat, kesehatan lingkungan, KB.

"Jenis pelayanan yang diberikan termasuk pencabutan gigi, pemeriksaan ibu hamil dan balita, KB serta kesehatan lingkungan" Terangnya

Namun demikian kata Ahmad Syaikhu Jauhnya jarak antar pulau serta terbatasnya tenaga medis dan transportasi laut yang dimiliki Puskesmas pulau sabutung pihaknya hhanya mampu menjangkau beberapa pulau saja dalam pelayanannya di atas Perahu sehat pulau bahagia tersebut.

"Jarak pulau yang agak berjauhan sehingga dalam sehari hanya mampu menjangkau lima pulau dengan melayani kesesehatan dasar sebanyak 150 orang," kata alumnus Kesehatan Masyarakat STIK Tamalatea Makassar ini.


Turut hadir Dekan FISIP Unsa Dr Muhammad Yahya, Kaprodi S1 Sosiologi FISIP Unsa Dr Adi Sumandiyar, dan Irwan dosen muda FISIP Unsa.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "WOW KEREN, ADA PERAHU SEHAT PULAU BAHAGIA DI PUSEKESMAS SABUTUNG"