Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIAPA BILANG PADI TAK BISA TUMBUH DI PULAU, INI BUKTINYA DI KALMAS BISA


Pulau Dewakang adalah salah satu desa di Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, Indonesia. Wilayah desa ini mencakup 3 pulau, yakni Dewakang Lompo, Dewakang Caddi, dan Bangka Uluang. selama bertahun tahun mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan tangkap dan budidaya rumput laut, budidaya lobster dan lainya

Untuk memenuhi kebutuhan pokoknya seperti beras dan kebutuhan dapur lainnya kecuali ikan mereka harus berbelanja ke makassar melalui pelabuhan Paotere sedikitnya dibutuhkan waktu sekitar 16 jam paling cepat untuk kondisi laut yang teduh, sedangkan pada musim ombak biasanya dibutuhkan waktu sampai 24 jam sampai ke pelabuhan paotere untuk berbelanja kebutuhan pokok.

"Kami naik kapal belasan jam dari pulau yang mungkin waktunya lebih jauh dari orang yang naik haji hanya untuk beli beras dan kebutuhan pokok lainnya," kata salah seorang warga Pulau Doangan-doangan Caddi, Afdhal saat ditemui di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulsel. Sabtu (11/8/2018)

Menurutnya, masih banyak pulau-pulau yang lebih jauh dari tempat tinggalnya. Bahkan, pulau ini berada di tengah antara Kalimantan Selatan dan peraiarn Banyuwangi, Jawa Timur. Misalnya untuk ke perairan Jawa Timur, dibutuhkan waktu sekitar 20 jam untuk tiba di sana.

Atas dasar kesulitan mereka memenuhi kebutuhan poko beras itulah Kepala Desa Dewakang beserta masyarakatnya mencoba menggarap tanah tanah kosong untuk dijadikan sawah dan ditanami padi untuk kebutuhan mereka, Alhasil usaha mereka tidak sia-sia ternyata tanaman padi di pulau Dewakang tersebut bisa tumbuh dengan subur dan untuk pertama kalinya dalam sejarah keberadaan pulau Dewakang bisa memproduksi beras yang sebelumnya oleh warga dan pemerintah di sebut mustahil untuk mewujudkannya.

Meski saat ini mereka masih bercocok tanam dengan alat dan ilmu seadanya tanpa menggunakan pupuk seperti masyarakat yang ada didaratan Pangkep. namun dengan kultur tanah dan potensi pertanian yang cukup baik. Buktinya, dari hasil uji coba yang dilakukan oleh warga setempat yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Dewakang telah berhasil memproduksi padi. Kepala Desa Dewakang, Amirullah menuturkan, masyarakat saat ini lagi fokus pada bidang pertanian guna menunjang ekonomi dan kebutuhan bahan pokok beras bagi warganya.

“Kita sudah uji coba tahun lalu, alhamdulillah berhasil meski tanpa alat dan pupuk penunjang. Tahun lalu kita uji coba di Pulau Dewakang Lompo, kualitas padinya juga baik, meski produksinya masih terbilang sedikit. Tapi, kedepan kita akan fokus kembangkan lebih luas lagi,”jelasnya.

Dalam mewujudkan hal itu, kata Amrullah, mengharapkan bantuan pemerintah daerah kabupaten Pangkep dengan mengirimkan penyuluh pertanian guna menunjang produksi pertanian di daerahnya. serta bantuan peralatan pertanian dan pupuk pertanian seperti yang diterima masyarakat didaratan Pangkep, agar masyarakat Pulau dewakan bisa meningkatkan produksi berasnya menuju swasembada beras di Kecamatan Liukang Kalmas Pangkep, Sulsel.

“Saat ini, kita butuh penyuluh pertanian, alat pertanian dan pupuk pertanian untuk mengembangkan pertanian di pulau dewakang. Dimana saat ini, warga kami belum mengetahui persis bagaimana bercocok tanam padi, hanya sebatas pengetahuan dasar saja,yang tentunya hasilnya yang kurang maksimal.” ungkapnya.

Desa Dewakang sendiri, memiliki wilayah tiga pulau yakni Pulau Dewakang Lompo, Dewakang Caddi dan Bangka Uluang dengan potensi pertanian yang cukup baik. Luas lahan pertanian yang ada sekitar 7 hektar, disini sebahagian besar warganya adalah suku mandar. peran serta Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep sangat diharpakan untuk memacu swasembada beras di kecamatan Liukang Kalmas.

(ADM-KP)

Posting Komentar untuk "SIAPA BILANG PADI TAK BISA TUMBUH DI PULAU, INI BUKTINYA DI KALMAS BISA"